Perceraian Meningkat, Ada 328 Janda Baru di Kabupaten Barru

oleh

Barru, RakyatNews – Ada sebanyak 328 janda baru di Kabupaten Barru, yang baru saja diputus perkara perceraian selama tahun  2017 oleh Pengadilan Agama Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Sebagian besar kasus perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama Barru, diusulkan oleh pihak perempuan. Berbagai macam faktor perceraian yang digugat, diantaranya perselisihan dan pertengkaran terus menerus, meninggalkan salah satu pihak, poligami, serta faktor ekonomi.

Selain itu, faktor keinginan untuk meninggalkan suami karena alasan suami suka mabuk-mabukan hingga berujung pemukulan mendominasi alasan perceraian di Pengandilan Agama Barru.

“Tingkat alasan perceraian itu macam-macam. Faktor ekonomi dan kebiasaan mabuk para suami juga jadi faktor utama mereka bercerai,” ulas Salma, Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Barru. Selasa (2/1/2018).

Lebih lanjut Salma menjelaskan, sepanjang tahun 2017, kasus perceraian  pihak perempuan mendominasi permintaan perceraian selama tahun 2017.

“Jika dibandingkan dengan cerai talak yang dilakukan laki-laki itu hanya berkisar 64 perkara, tapi dari pihak perempuan sebanyak 264 perkara cerai gugat yang diputus selama tahun 2017,” jelas Salma.