Empat Pasangan Bakal Calon Diprediksi Akan Bertarung di Pilgub Sulsel

oleh

Makassar, RakyatNews – Empat pasangan bakal calon diprediksi akan ikut bertarung pad Pilgub Sulsel 2018 mendatang.  Jika sebelumnya, petahana Wagub Agus Arifin Nu’mang diprediksi berat menembus arena Pilgub karena tak mendapatkan parpol, di detik terakhir Agus yang menggandeng Tanribali Lamo menebar ancaman bagi lawan- lawannya.

Pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL), secara mengejutkan berhasil merebut rekomendasi partai Gerindra dari tangan pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan). Apalagi selama ini, Gerindra Sulsel sudah sangat identik dengan Prof Andalan.

Tak hanya itu, pasangan Agus-TBL juga dikabarkan akan mendapat rekomendasi tambahan dan menggenapkan jumlah kursi untuk bertarung di pilgub Sulsel Juni mendatang.

Dengan demikian, besar kemungkinan pilgub Sulsel akan diikuti 4 pasang calon, yaitu Nurdin halid (NH-Aziz), Ichsan yasin Limpo- Andi Mudzakkar (IYL- Cakka), Prof Andalan, dan Agus-TBL.

Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengungkapkan, jika distribusi partai di Pilgub Sulsel merata, maka besar kemungkinan akan diikuti 4 pasang calon.

Hanya saja, kata Firdaus, jika melihat kondisi koalisi besar yang terbangun, dan peralihan rekomendasi yang terstruktur, maka bisa jadi hanya diikuti 3 pasang calon.

“Sementara ini posisi masing-masing hampir setara. Pasca penetapan KPU baru bisa diprediksi kekuatan kandidat dan partai pengusungnya,” kata Firdaus, Sabtu (6/1/2018).

Secara geopolitik, lanjut Firdaus, dukungan kepada 4 pasangan itu masih merata. Sebab masing-masing mewakili zona wilayah dan basis massa yang jelas. Dengan demikian, akan sangat ditentukan oleh pergerakan tim di empat bulan terakhir.

“Geopolitik 4 pasangan itu merata, masing-masing representasi zona politik baik utara selatan maupun Ajatappareng,” tutupnya.

IYL- Cakka diprediksi akan dominan di Gowa, Takalar, Luwu, Toraja Utara, dan Toraja. NH- Aziz akan diprakirakan dominan di Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai. Sementara Prof Andalan akan menguasai selatan Sulawesi, seperti Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba. Sementara, Agus- TBL akan menguasai Ajatapareng.

Meski belakangan, Firdaus menilai Agus tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, hanya Agus yang memiliki track record paling bagis di Pilgub Sulsel dengan dengan dua kali kemenangan.

“Pak Agus jangan dipandang sebelah mata, beliau yang pernah sudah kali merasakan secara langsung bertarung di Pilgub dan menang, sehingga strategi beliau bisa dikatakan matang,” kata Firdaus.