Panwaslu Peringatkan ASN untuk Tidak Lakukan Salam Khas Paslon

oleh

Gowa, RakyatNews – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Gowa, mengeluarkan warning untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintahan Kabupaten Gowa agar tidak terlibat politik praktis. Khususnya melakukan salam khas Pasangan Calon (Paslon) di Pilkada mendatang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Gowa, Yusnaeni, menegasakan agar ASN tidak melakukan sesuatu yang menimbulkan persepsi mendukung paslon tertentu.

“Larangan ASN melakukan salam khas paslon pilkada merujuk pada surat edaran Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor B-2 900/KASN /11/2017 terkait pengawasan netralitas ASN,” tegas Yusnaeni dalam sambutannya di acara pelantikan Panwaslu desa Se-kecamatan Manuju, Rabu, (17/1/2018).

Tidak hanya itu, melalui surat imbauan, Yusnaeni, mengatakan bahwa sikap atau perilaku ASN yang menggunakan simbol bakal calon, bahkan memposting atau like di social media terkait bakal calon dan sebagainya sudah mengarah ke tindakan politik praktis.

“Bahkan dapat di kategorikan sebagai pelanggaran atas nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN,” tambahnya.

Jika, ASN melanggar hal itu maka akan ada sanksi yang akan diberikan. Baik sanksi moral maupun administrasi. Dan itu sesuai Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2014 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS.