Akademi Teknik Sorowako Datangkan Motivator Handal

oleh

Rakyat.news,Luwu Timur || Dalam rangka agenda acara perayaan Milad ke 27, Akademi Teknik Sorowako (ATS) menggelar Kuliah Umum bertajuk “Optimalisasi Peluang Era Revolusi Industri 4.0” dengan menghadirkan pemateri dan seorang motivator asal Luwu Timur, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si, yang di gelar di aula Matano Player, Sorowako, Jum’at (11/10/19) Sore.

Prof. Dr. Jasruddin M.Si, yang juga merupakan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX saat membawakan materinya menjelaskan, bahwa tantangan revolusi industry sekarang hingga 2025, nantinya sekitar 1,5 Milliar orang harus mencari pekerjaan baru, ujarnya

Lanjutnya, karena pekerjaan itu nantinya akan digantikan oleh mesin, dan akan mendominasi pekerjaan yang sifatnya rutin dan berulang. Industri tidak lagi berorientasi pada gelar atau ijazah seseorang, melainkan pada keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, tambahnya.

“Hari ini kita bekerja dengan batas, apa yang kita lakukan masih jauh dengan apa yang kita inginkan. Makanya perlu komitmen untuk perubahan, sebelum kita terinjak zaman, maka berubahlah, karena era itu kitalah yang menciptakannya,” jelas Profesor kelahiran Matano, tahun 1964 ini.

Panitia penyelenggara, Jahalil ST, saat dimintai keterangan terkait tujuan Kuliah Umum ini menjelaskan, bahwa Kuliah Umum ini diselenggarakan untuk lebih memberi motivasi dan penyemangat kepada seluruh mahasiswa dalam meniti masa depan yang lebih cerah, tuturnya

“Kuliah umum ini diharapkan menjadi bekal mereka nantinya pada saat meraih karier ketempat lain, tentunya diluar dari Kab. Luwu Timur,” ungkap Jahalil yang juga Kabag Beasiswa dan Kesejahteraan Mahasiswa ATS.

 

Terlihat Para Tamu Undangan Tak Ingin Ketinggalan Foto Bersama Prof. Dr. Jasruddin M.Si, Yang Juga Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi

Sementara itu, Wakil Direktur III ATS, Musakirawati Baso SH,M.Pd, menambahkan bahwa acara hari ini juga merupakan rangkaian Milad ATS yang ke 27, selain itu, kami juga selalu berusaha untuk mendatangkan pembicara dari luar, untuk memotivasi mahasiswa agar lebih membuka mindset mereka, ujar Kira panggilan akrabnya.

Ditanya, kenapa harus memilih Prof. Jasruddin sebagai pemateri ?, Kira menjelaskan, “bukan persoalan karena beliau orang local, dan tentu saja itu bukan menjadi hal yang utama. Tetapi karena beliau adalah seorang motivator yang sangat luar biasa,” jelanya.

Ini juga merupakan momen yang sangat tepat pada saat wisuda ini beliau datang, tambah Kira. “Karena kami tidak mau menyinyiakan momen ini, atas kedatangan beliau sekaligus untuk membagi ilmu kepada mahasiswa ATS dan tamu undangan tentunya,”tambahnya.

Aula Matano Player yang dipenuhi ratusan mahasiswa ATS ini, juga dihadiri oleh para tamu undangan dari beberapa pemerhati pendidikan di Luwu Timur, Dosen dan karyawan ATS, serta Manajemen PT. Vale Indonesia yang turut hadir dalam Kuliah Umum tersebut. (A.T)