Jamkrida Sulsel Jadi Perhatian Dewan dan Badko HMI

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel, Ady Ansar. Ist

Rakyat.news, MAKASSAR – Kondisi bisnis khususnya keuangan PT Jamkrida Sulsel kini menjadi perhatian serius Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulawesi Selatan, Ady Ansar.

Jamkrida Sulsel sebagai BUMD, dinilai sejumlah pihak tidak berjalan normal karena sejak berdirinya 2016 lalu hingga kini belum bisa menunjukkan kinerja yang positif seperti memberikan pemasukan ke kas daerah. Bahkan dikabarkan Perusda satu ini selalu merugi.

Bacaan Lainnya

Beredarnya kabar itu membuat sejumlah pihak bereaksi, baik dari kalangan aktivis maupun dewan. Wakil Ketua Komisi C, Ady Ansar mengatakan akan memberikan perhatian khusus pada Jamkrida Sulsel, namun terlebih dulu akan melihat bisnis plannya.

“Ini gawat,” kata Andy Ansar, Rabu ( 22/01/20).

Dikabarkan juga LPJ 2018 dan LPJ 2019 Jamkrida Sulsel belum juga dibahas. Bahkan ada dugaan RUPS tahunan juga belum dilaksanakan.

Terkait LPJ 2018 dan 2019 Kepala Biro Ekonomi dan Administrasi Pembangunan, Since Erna Lamba yang dihubungi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dulu dengan Jamkrida.

“Kami akan berkoordinasi dulu dengan Jamkrida,” katanya belum lama ini

Tanggapan terkait sistem pengelolaan keuangan Jamkrida juga datang dari Badko HMI Sulselbar. Dimana Ketua Bidang Hukum dan HAM Badko HMI Sulselbar, Syamsumarlin menilai seharusnya pihak Pemprov Sulsel dan DPRD Sulsel segera mengevaluasi seluruh Perusda yang ada di Sulsel, termasuk PT. Jamkrida Sulsel yang bermasalah dan tidak menunjang pendapatan daerah.

Adapun Direktur Utama PT Jamkrida Sulsel Mulyan Pulubuhu, beberapa waktu lalu mengatakan jika pihaknya belum bisa menyebut target bisnis karena umur Jamkrida masih muda.

“Biasanya Jamkrida baru bisa untung jika sudah lima tahunan,” kata Mulyan di kantornya belum lama ini.

Mulyan juga memaparkan pihaknya juga mengelola dana bergulir dari Kementerian Ekonomi dimana pada tahun 2018 dana bergulir yang dikelola Rp1,5 Triliun tahun 2019 Rp 1,8 Triliun. (IWAN MAPPARENTA)

Pos terkait