Musim Hujan, PT Vale Jadi Sorotan Warga Mahalona

  • Whatsapp

Rakyat.news – PT Vale di Sorowako, Luwu Timur kembali menjadi sorotan warga sekitar, khususnya warga Mahalona dimana air yang selama ini digunakan warga mulai kotor dan keruh akibat air kiriman dari area perusahaan khususnya saat musim hujan.

Salah satu warga Mahalona mengatakan, hujan deras yang berlangsung, Rabu (05/02/20) sore yang mengakibatkan banjir di area  tambang PT Vale, tepatnya di Blok B Patea. Mulai meresahkan warga karena air bercampur lumpur mengalir ke danau Mahalona yang merupakan tempat warga sekitar mengambil air bersih bukan hanya itu jika hal itu terus menerus terjadi maka akan berakibat pendangkalan danau.

Muat Lebih

Menurut Herman, Ketua Forum Komunikasi Pemuda Indonesia Mahalona Raya dan selaku Warga Mahalona, mengungkapkan bahwa, meski PT Vale memiliki sarana pond guna penampungan air, namun banjir kali ini sangat deras, sehingga air meluap dan terus mengalir membawa material lumpur ke Danau Mahalona.

“PT Vale memang sudah menyiapkan sarana pond di area blok B Patea, namun banjir kali ini sungguh deras dan sangat mengkhawatirkan,” ungkap Herman.

Herman menambahkan, banjir terus melewati pond 1 dan meluapi pond 6 milik PT Vale, kemudian mengalir ke sungai kecil yang bermuara ke Danau Mahalona. Olehnya Danau Mahalona semakin dangkal dan keruh. 

Sebelum ada aktivitas PT Vale di area Patea lanjutnya, Danau Mahalona merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar danau. Namun sejak aktivitas pertambangan berjalan, kondisi Danau Mahalona semakin memprihatinkan. (*)

Pos terkait