PKSP Bersama Fisip UIT Gelar Pelatihan Menulis Opini

  • Whatsapp
PKSP Bersama Fisip UIT Gelar Pelatihan Menulis Opini

Rakyat News, Makassar – Pusat Kajian Sosial Politik (PKSP) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) UIT dalam menggelar Pelatihan Menulis Opini di Kampus 1 Universitas Indonesia Timur (UIT) Jalan Rappocini Raya, Senin, (27/01/2020).

Peserta pelatihan merupakan dosen dari beberapa fakultas di Universitas Indonesia Timur itupun terbilang cukup aktif mulai dari pembukaan hingga akhir kegiatan.

Muat Lebih

Pelatihan Menulis Opini tersebut dibuka langsung oleh Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIT mengatakan publikasi merupakan indikator kemajuan perguruan tinggi.

“Dengan membudayakan menulis bisa saling melengkapi, karena bisa menjadi satu penelitian lebih lanjut dan hasilnya bisa menghasilkan artikel,” tuturnya.

Ia berharap para peserta bisa mempublish. “Gagasan sebagai sumbangan bagi kepentingan kemajuan ilmu pengetahuan,” singkatnya.

Ketua Pusat Kajian Sosial Politik, A. M. Azhar Aljurida, S.IP, M.Adm.Pemb. yang juga dosen Mata kuliah Politik dan Pancasila mengatakan dosen tidak cukup melahirkan karya ilmiah. Namun ia harus memberikan pencerahan kepada masyarakat.

“Karena dari hasil kajian, dosen tidak cukup melahirkan karya-karya melalui jurnal, tetapi mereka perlu menurunkan gradenya dengan menyampaikan pesan kepada publik melalui tulisan di media-media publik,” ungkapnya.

Azhar juga menyampaikan bahwa pelatihan menulis opini bertujuan “agar para dosen dan ilmuwan bisa berkontribusi kepada masyarakat melalui pemikiran dan gagasan ilmiah,” lanjutnya.

Pelatihan ini juga dihadiri langsung Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si yang merupakan seorang Praktisi bidang Komunikasi dan Politik, sekaligus Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalis Online Indonesia (Pusdiklat Join) Nasional serta Wakil Rektor IV, Bidang Humas kerjasama dan Inovasi di UIT berperan penting dalam pelatihan Menulis Opini tersebut. (Sri R Amalia)

Penulis : Sri R Amalia
Editor : Sabri

Pos terkait