WAKATOBI – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 5 Oktober 2021 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Tips dan Trik Jualan Online”.

Program kali ini menghadirkan 738 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari Ketua Jurusan Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Cecep Nurul Alam; pemengaruh, Sri Wahyuni; dosen, Irfan Sophan Himawan; dan dosen, Astri Dwi Andriani. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Nonee Arnie selaku freelance journalist. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Selanjutnya, tampil Cecep Nurul Alam sebagai pemateri pertama yang membawakan tema “Strategi Digital Marketing untuk Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19”. Pemasaran digital dilakukan dengan menggunakan layanan media elektronik, termasuk perpesanan instan seluler, SEO, podcast, media sosial, dan video. “Strategi dasar pemasaran digital yakni memanfaatkan media sosial, mulai kirimkan surel, memanfaatkan laman, memanfaatkan aplikasi/lokapasar, atau menerapkan SEO dan beriklan,” kata Cecep.

Berikutnya, Sri Wahyuni menyampaikan materi berjudul “Etika Pemasaran Produk Lokal di Toko Online (Online Shop)”. Penjual perniagaan daring terbagi menjadi supplier, reseller, dan dropshipper. Adapun cara pembayarannya, bisa melalui transfer bank, rekening bersama, atau COD. “Beberapa contoh pelanggaran etika dalam pemasaran dan periklanan produk: penggunaan bahasa (klaim namun tidak sesuai fakta), garansi uang kembali, adanya unsur pornografi, peniruan/imitasi barang,” ucapnya.