MAKASSAR – Walikota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, memberikan materi terkait lingkungan hidup pada simulasi konsep belajar outing class kepada siswa siswi SMPN 6 Makassar, di kawasan ekowisata Mangrove Lantebung, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Resmikan Swab House, Danny Anggap Inovasi Mempermudah Masyarakat

Danny mengatakan, bahwa outing class merupakan sebuah konsep belajar mengajar dalam mengintegrasikan materi yang diperoleh di bangku sekolah dengan melihat langsung situasi kondisi lingkungan sekitar.

“Jadi kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari konsep outing class untuk mengintegrasikan kepada anak anak didik kita, dengan memberikan pengalaman langsung dengan belajar dilapangan,” kata Danny.

Menurut Danny, proses pembelajaran outing class seperti ini, diharapkan anak didik dapat mengenal lebih jauh pelajaran biologi, lingkungan hidup, dan sosial.

“Semua pelajaran itu ada disini, sehingga mereka bisa mengasah seluruh inderanya secara langsung, dan sekaligus unsur turistiknya, serta mereka dapat lebih mengenal kotanya,” kata Danny.

Danny Pomanto menambahkan, bahwa semua kelas tingkat SMP yang telah sekolah saat ini wajib belajar outing class di ekowisata mangrove Lantebung tersebut.

“Disini salah satunya tempat belajar lingkungan hidup, nanti belajar budaya di museum pemerintah kota, belajar pemerintahan ada di balaikota, jadi mereka dapat mengetahui semua segmen perkotaan dan lingkungan sekitar mereka,” imbuh Danny.

Sementara itu, Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Selatan, M. Al Amin, mengatakan bahwa dirinya berpesan agar para generasi muda khususnya anak pelajar, bisa menjadi bagian dan pelaku pelestarian hidup dimasa yang akan datang.

“Ini bentuk kolaborasi antara Pemkot Makassar bersama masyarakat Lantebung, para pelajar dan pendidik untuk mengajarkan dan memperlihatkan, bagaimana kerja melestarikan lingkungan dikota Makassar, agar tetap lestari dan terjaga,” katanya.