Ballon d’Or 2021: Duel Panas Messi dan Ronaldo Berlanjut

  • Bagikan
Ballon d'Or 2021: Duel Panas Messi dan Ronaldo Berlanjut
Duel Panas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali Berlanjut pada gelaran Ballon d'Or 2021. | Sumber: Dailymail.

MAKASSAR – Ballon d’Or yang merupakan penghargaan bergensi bagi para pesepakbola dunia akhirnya akan kembali digelar tahun ini. Daftar 30 nama resmi telah dikeluarkan melalui majalah France Football, Jum’at (8/10/2021).

Baca Juga: Ballon d’Or 2021, Lewandowski: Jangan Ada Politik Karena Saya Pantas!

Setelah sebelumnya, tepatnya tahun 2020 pengadaan ajang penghargaan individu bagi para pesepakbola dunia ini ditunda akibat adanya Pandemi Covid-19, Akhirnya akan kembali digelar tahun ini. Yaitu pada 29 November 2021 mendatang di Theatre du Chatelet, Paris.

Dalam rilisan majalah France Football tersebut, 30 nominasi resmi calon pemenang Ballon d’Or 2021 diisi oleh beberapa nama-nama muda berbakat seperti Pedri, Erling Haaland, Phil Foden dan Mason Mount.

Begitupula dengan nama-nama lawas seperti Robert Lewandowski, Neymar, serta tentunya Lionel Messi dan Ronaldo yang kembali mencoba memperebutkan penghargaan Ballon d’Or tersebut.

Pemenang enam kali Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, pemenang lima kali tersebut juga akan menghadapi nama-nama lain seperti Kylian Mbappe, Karim Benzema, Jorginho dan N’Golo Kante yang juga dianggap sebagai pelari terdepan dalam daftar majalah France Football.

Bukan hanya bagi pria, Majalah France Footbal juga mengeluarkan 20 nama pemain wanita yang bersaing untuk hadiah mereka sendiri pada 29 November 2021 mendatang.

Paris Saint Germain (PSG) dapat membanggakan Messi, pemenang di Copa America musim panas ini, serta rekan setimnya Mbappe dan Neymar yang tahun lalu membawa klub ambisius itu melaju ke empat besar Liga Champions.

Begitupula dengan gelandang timnas Italia, Jorginho, yang mendapat pengajuan setelah membawa Chelsea meraih gelar Liga Champions dan memainkan peran utama ketika negaranya memenangkan Euro 2020.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo, yang pada Ballon d’Or 2019 berada di urutan ketiga dalam pemungutan suara di belakang Messi dan bek Liverpool Virgil van Dijk, menilai bahwa mantan rekan setimnya di Real Madrid Karim Benzema juga patut diakui.

Striker Bayern Munich, Robert Lewandowski, juga tak boleh dilewatkan dalam urutan berikutnya pencetak gol terbanyak di Eropa dengan 41 gol. Serta Erling Braut Haaland dari Dortmund, pencetak gol terbaik Liga Champions dengan 10 gol.

Finalis Euro 2020, Inggris, diwakili oleh Harry Kane, Mason Mount, Phil Foden dan Raheem Sterling.

Untuk pemain wanita, pemenang 2019 Megan Rapinoe, yang timnya Amerika Serikat tersingkir dari Olimpiade di perempat final, kali ini tidak masuk dalam nominasi.

Sementara Christine Sinclair, peraih medali emas Olimpiade Kanada, ikut serta.

Pula dengan pemenang Liga Champions Barcelona yang diwakili oleh Alexia Putellas, telah terpilih sebagai pemain terbaik UEFA, dan Jennifer Hermoso, pencetak gol terbanyak bersama di Liga Champions.

  • Bagikan

Makassar Recover

Makassar Recover