JAYAPURA – Petinju Jawa Barat (Jabar), Michael Muskita masih mampu mengalahkan petinju andalan Sulawesi Selatan (Sulsel), John Yambe, pada babak penyisihan kelas 75 kg Cabang Olahraga (Babor) Tinju PON XX Papua 2021 di GOR Cendrawasih APO, Kota Jayapura, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Sepak Takraw Sulsel Sukses Kawinkan Emas Putra dan Putri

Laga yang mempertenukan kedua andalan masing-masing Provinsi tersebut berlangsung dengan kemenangan Michael Muskita atas wakil Sulsel yang harus menyerah di ronde kedua setelah kalah Referee Stops Contest (RSC).

Michael Muskita yang merupakan salah satu petinju terbaik di kelasnya, itu dikarenakan pria kelahiran Ambon 11 Januari 2001 tersebut juga merupakan salah satu Anak asuh Alberto Alfonso yang sering menjadi langganan Pelatnas. Sehingga dapat dikatakan dari segi pengalaman memang jauh lebih unggul.

Saat ini, Michael Muskita sedang menjalani Pelatnas persiapan event terbesar di Asia Tenggara, yaitu SEA Games Vietnam 2021.
Sebelumnya, Michael juga pernah mewakili Indonesia pada Pra Olimpiade di Amman Yordania, Maret 2020. Tetapi, Ia harus terhenti di delapan besar setelah menyerah dari petinju India, Ashish Kumar.

Di sisi lain, Petinju Sulsel, memang masih dapat dikatakan tergolong muda dalam dunia tinju. Jhon Yambe memang baru tiga tahun terakhir ini naik ring.

John Yambe yang merupakan petinju berdarah Papua ini memang belum memiliki prestasi yang sama dengan Muskita yang telah punya jam terbang lebih di berbagai kejuaraan level nasional maupun internasional.

Petinju binaan Sasana Hasanuddin, Kodam XIV/Hasanuddin ini hanya memiliki pengalaman di level nasional ketika ikut Pra PON seri kedua Wilayah Timur dan Tengah di Bogor Desember 2019 Lalu. Namun, Selebihnya masih sebatas lokal.