MILAN – Gelandang Spanyol, Sergio Busquets mengecam keputusan karena mengizinkan gol penentu kemenangan Kylian Mbappe dalam kemenangan 1-2 Prancis di final UEFA Nations League, Senin (11/10/2021) dini hari WIB.

Baca Juga: Final UEFA Nations League 2021: Prancis Tekuk Spanyol 1-2

Laga yang dipertandingkan di Stadion San Siro, Milan, Italia tersebut dipimpin lebih dulu oleh Spanyol melalui Mikel Oyarzabal yang melesatkan sepakan yang tak mampu dihalau di sudut bawah gawang.

Tetapi mentalitas sang juara bertahan Piala Dunia tersebut dapat bangkit, ketika Karim Benzema memberikan skor penyeimbang dua menit berselang dari gol Spanyol dan penentua kemenangan mereka di 10 menit waktu tersisa lewat Kylian Mbappe.

Dalam tayangan ulang, Kylian Mbappe tampak jelas berada di belakang pemain terakhir dan dalam posisi offside, tetapi laga yang dipimpin oleh wasit Liga Premier Anthony Taylor menganggap jika bek Spanyol, Eric Garcia sedikit memberikan sentuhan pada bola sehingga skor penentu kemenangan itu disahkan.

Kapten Spanyol, Sergio Busquets, mengatakan bahwa dirinya tidak percaya dengan keputusan wasit dan sangat marah karena gol tersebut dianggap bukan sebuah offside.

“Wasit mengatakan kepada kami bahwa Eric Garcia ingin memainkan bola dan itu mematikan offside,” ujar Busquets kepada televisi Spanyol usai berjalannya laga.

Busquets menambahkan, bahwa gol yang diciptakan oleh Mbappe tersebut seakan tidak masuk akal baginya karena jelas merupakan sebuah offside.

“Tapi dia ingin memainkan bola karena bola akan mencapai Mbappe yang offside! Itu tidak masuk akal,”  katanya.