YOGYAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Sandiaga Uno) mengapresiasi Grup Accor yang telah merangkul Ekraf lokal (Ekonomi Kreatif) melalui sambutannya dalam kegiatan peluncuran “Batik Nusantara Celebration dari ALL – Accor Live Limitless Bersama Pelaku Ekonomi Kreatif” di The Phoenix Hotel Yogyakarta, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga : Sandiaga Uno Duet Kamrussamad Gelar YES di Kampus Unismuh Makassar

“Banyak daerah di Indonesia yang memiliki wastra khasnya, dan salah satunya adalah batik. Kami mengapresiasi kepada grup Accor yang menggagas acara ini dalam rangka Hari Batik Nasional 2021, sebagai kelanjutan kolaborasi dengan grup Accor sejak tahun 2012. Kita dukung promosi batik sebagai warisan budaya dan bangkitkan optimisme pelaku ekraf untuk segera pulih di masa pandemi ini. Kita tingkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan prinsip 3 G (Gercep – Gerak Cepat, Geber – Gerak Bersama, dan Gaspol – Garap Semua Potensi) agar kita yang di Indonesia ini juga mendorong gerakan #DiIndonesiaAja dan #BeliKreatifLokal. Bangkit usaha cilik, menang melawan covid, together we can!,” ucapnya.

Sementara itu, CEO of Accor Southeast Asia, Japan and South Korea, Garth Simmons menyampaikan, perayaan ini untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik melalui penawaran kreatif.

“Kami merayakan Hari Batik Nasional yaitu setiap tanggal 2 Oktober untuk mempromosikan keunikan dan kekayaan batik melalui penawaran kreatif lebih dari sekadar menginap di lebih dari 130 hotel di seluruh Indonesia, dalam program yang berlangsung sepanjang tahun, Rediscover Indonesia by ALL. Dukungan kami berikan bagi para mitra pelaku ekonomi kreatif, dan kami ingin menginspirasi kejayaan Indonesia melalui batik,” katanya.

Peluncuran acara diisi dengan tari Gebyar Batik dari PLT Bagong Kussudiardja, peragaan busana batik oleh enam designer perempuan (Darie Gunawan, Endarwari, Janna, Caroline Rika, Soppemirremarata, Rumah Produksi Junk Q), pameran produk batik dari perwakilan 16 pelaku ekonomi kreatif yang berlangsung di The Phoenix Hotel Yogyakarta.