PP GMPI Dorong Pemerintah Yakinkan Arab Saudi

  • Bagikan
PP GMPI Dorong Pemerintah Yakinkan Arab Saudi
PP GMPI Dorong Pemerintah Yakinkan Arab Saudi

JAKARTA – PP GMPI (Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia) mendorong pemerintah untuk meyakinkan dan mengadvokasi pihak Arab Saudi terkait penanganan Covid-19 di Indonesia agara jamaah umrah dapat secepatnya berangkat menunaikan ibadahnya.

Baca Juga : Pengujian UU Pers di MK, Pemerintah: Dewan Pers adalah Fasilitator

“Kita terus mendorong dan tentu mendukung upaya serta langkah konkret pemerintah sehingga jamaah umrah asal Indonesia dapat secepatnya berangkat menunaikan ibadah yang tentu sudah sangat lama dirindukan, namun terkendala selama ini karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia,” ucap Nur Salam .S di Jakarta, Senin (11/10/2021).

“Pemerintah Indonesia juga harus terus meyakinkan dan mengadvokasi pihak Arab Saudi soal penanganan (COVID-19) di Indonesia yang semakin membaik. Pemerintah harus memberikan gambaran, bahwa secara nasional hampir seluruh kota mengalami penurunan kasus, masyarakat juga telah mengikuti program vaksinasi kemudian sudah semakin paham soal protokol kesehatan,” lanjutnya.

Sejauh ini diketahui, Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri terus melakukan komunikasi dengan poemerintah Kerajaan Arab Saudi dan telah menerima nota diplomasi dari Kedubes Arab Saudi di Jakarta soal pembukaan pelaksanaan umrah bagi jemaah asal RI.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Himan Latief mengatakan, pihaknya telah bertemu Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi. Dimana diperlukan skema khusus dalam pelaksanaan ibadah saat pandemi.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat semakin clear dan skema tatacara serta penanganan pelaksanaan ibadah umroh di masa pandemi bisa diterbitkan. Tentu dibutuhkan juga kedisiplinan jemaah dalam menaati prokes,” paparnya.

PP GMPI menilai langkah yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Agama tersebut, tentu patut diapresiasi dan terus didorong hingga benar-benar perjalanan jamaah umrah kita dapat segera terwujud.

“Karena kita masih dalam suasana pandemi, maka harus dipastikan bahwa langkah yang ditempuh pemerintah terkait hal ini senantiasa terkoordinasi dengan baik kemudian diikuti sinergitas yang solid antar kementerian/lembaga terkait, karena ini tidak sekedar menyangkut nasib jamaah umrah kita tetapi juga menyangkut kemampuan diplomasi, trust dan kerjasama dengan Negara lain dalam mengatasi suatu permasalahan”, tutup Nur Salam.

DPRD Makassar

  • Bagikan

Makassar Recover

Makassar Recover