EKONOMI – Ajang pameran virtual Pertamina SMEXPO 2021 akan diluncurkan bersama GBBI Kaltim (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur). Seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga : Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Sabet 2 Penghargaan CSR

Pjs. SVP Corporate Communication & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan, masyarakat dan UMKM umum dapat berpartisipasi pada acara Pertamina SMEXPO 2021 setelah melakukan registrasi pada situs https://smexpo.pertamina.com.
“seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasinya cukup cepat. Tidak sampai lima menit, masyarakat sudah bisa login dan bebas berbelanja,” katanya.

Dalam registrasi ada dua jenis pilihan yaitu, sebagai penjual (UMKM) atau pembeli.

“Registrasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu untuk penjual (UMKM) dan pembeli. Untuk daftar sebagai penjual, UMKM perlu memasukkan informasi terkait usahanya. Mulai dari nama pemilik dan usaha, alamat usaha, nomor ponsel, akun media sosial, jumlah tenaga kerja, omzet, sekilas tentang UMKM dan unggah foto produk. Kemudian membuat kata sandi untuk keamanan akun. Sedangkan untuk pembeli, tinggal mengisi nama, alamat email, nomor ponsel, dan kata sandi untuk keamanan akun. Kemudian centang pernyataan persetujuan dan terakhir klik “Registrasi Pembeli”. Akan ada verifikasi ke email yang didaftarkan. Setelah diverifikasi, masyarakat bisa langsung login,” lanjutnya.

Usai login, masyarakat bisa langsung bertransaksi di booth virtual UMKM peserta PERTAMINA SMEXPO 2021 dan dapat dipilih masyarakat secara bebas. Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli akan diminta mengisi alamat pengiriman dan jenis ekspedisi yang tersedia.

“Selesaikan pembayaran dan tunggu barang sampai di rumah,” tuturnya.

Selain kegiatan jual-beli juga dirangkaikan dengan beragam acara menarik dalam event ini.