MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) secara konsisten menunjukkan kenaikan angka kesembuhan selama seminggu terakhir, yakni pada 4 – 10 Oktober. Dimana rerata presentase kesembuhan pasien hampir mendekati 100 persen.

Baca Juga:Kabid Humas Polda Sulsel Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, angka kesembuhan Sulsel saat ini berada di kisaran 96,63 persen, lebih tinggi dibanding nasional sebesar 96 persen.

Sementara itu, angka kematian Sulsel juga terus menurun, kini di angka 2,04 persen, lebih rendah dibanding nasional 3,4 persen. Positivity rate 0,65 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Arman Bausat, mengungkapkan bahwa dirinya membenarkan perihal tersebut. Ia juga menegaskan jika jumlah terkonfirmasi positif masih fluktuatif meski situasi telah terkendali.

Per tanggal 11 Oktober, telah tercatat jumlah yang terkonfirmasi untuk presentase positif covid-19 di Sulsel sebanyak 24 orang.

“Masih ada kasus terkonfirmasi tapi rendah, paling di bilangan 50 – 30 an. Yang terkonfirmasi itu umumnya 96 persen sampe 100 persen sembuh karena rawat inap covid di rumah sakit hampir nol. Apalagi yang masuk ICU itu sudah tidak ada. Jadi makanya kita klaim angka kesembuhan tinggi,” ungkap dr Arman di Makassar, Selasa (12/10/21).

dr Arman juga menuturkan jika indikator layanan kesehatan juga telah menunjukkan data menggembirakan. Bed Occupancy Rate (BOR) atau angka keterisian tempat tidur isolasi kini 4,12 persen sedangkan ICU hanya terisi 10,99 persen dari penggunaan ambang batas 85 persen.

Kondisi tersebut terjadi merata hampir pada seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Data Satgas Covid-19 mencatat, total jumlah ruang isolasi rumah sakit rujukan covid di Sulsel sebanyak 2.888 namun terpakai sejauh ini hanya 122 dengan presentase 4 persen.