MAKASSAR – Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin selenggarakan Pelatihan Motivasi Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga (D-III) Keperawatan, Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat Papua. Kegiatan tersebut berlangsung secara luring terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di Ruang GA 413 Lt. 4 Fakultas Kedokteran Unhas, Selasa (12/10).

Baca juga : Dukung Geliat Ekonomi, Penjualan Listrik PLN UIW Sulselrabar Sept 2021 tumbuh 5,38%

Ketua Panitia, Akbar Harisa, S.Kep.,Ns.,PMNC.,MN., mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk proses pengembangan diri mahasiswa agar mampu bersosialisasi di dalam kampus serta mampu mempersiapkan diri melakukan praktek di Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan dapat mahasiswa memiliki motivasi diri selama menjalani proses perkuliahan, dan mampu bersosialisasi di dalam kampus, serta mempersiapkan diri untuk melakukan praktek di Puskesmas dan Rumah Sakit. Kelak mahasiswa dapat menerapkan ilmunya di daerah asal, Kabupaten Asmat, Papua,” katanya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan, Syahrul Said, S.Kep.,Ns., M.Kes.,Ph.D., mengatakan perawat di tuntut mampu memberikan pelayanan yang optimal berdasarkan standar prosedur dan kode etik yang berlaku.

“Dalam menghadapi tantangan masa depan di dunia kesehatan, tentu sebagai seorang perawat dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan memberikan pelayanan kesehatan optimal, dalam berbagai kondisi apapun yang dijalankan, berdasarkan standar prosedur dan kode etik yang berlaku,” ungkapanya.

Kegiatan tersebut diawali ice breaking games bertujuan untuk menuntut fokus dan konsentrasi menciptakan suasana yang nyaman diantara mahasiswa, kemudian di lanjutkan pemberian materi yang dibawakan oleh Dr. Dra. Irwani Pane, S.Psi, M.I.Kom, LCPC.

Dalam kegiatan tersebut terbagi atas dua sesi yang diikuti oleh 77 mahasiswa, sesi pagi diikuti oleh 38 mahasiswa angkatan 2019 dan sebanyak 39 mahasiswa angkatan 2020 mengikuti training motivasi pada sesi siang.