JAKARTA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 07 November 2021.

Baca Juga: Daya Listrik PLN Stabil, Kompetisi Aeromodelling PON XX Papua 2021 Tanpa Kendala

Kegiatan Virtual Charity Run and Ride sendiri merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja kapan saja dan dapat “dicicil” jarak lari dan bersepedanya untuk tujuan beramal.

Dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76.

Para peserta akan diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang nantinya digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman, mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat, dan setiap langkah kaki dan kayuhan para peserta dapat ditukarkan dengan rupiah untuk membiayai penyambungan listik.

“Di tengah pandemi, kami ingin mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Tak hanya itu, langkah kaki dan kayuhan sepedanya pun ini akan berguna yaitu menghadirkan listrik bagi saudara-saudara kita yang tidak mampu,” kata Syofvi, Kamis (14/10/2021).

Sebagai Badan Usaha Milik Negara yang diberikan mandat oleh pemerintah untuk menyediakan listrik, PLN terus berupaya melistriki hingga ke seluruh pelosok negeri.

Data rasio elektrifikasi (perbandingan kepala keluarga berlistrik dengan total kepala keluarga) secara nasional, dalam lima tahun terkahir meningkat cukup signifikan.

Pada tahun 2015, rasio elektrifikasi baru sekitar 88 persen, sementara pada bulan Agustus lalu sudah mencapai 99,4 persen.