MAKASSAR – Bandara Udara H Aroeppala di Kabupaten Kepulauan Selayar direncanakan akan dikembangkan di tahun 2022 dengan penambahan runway. Penambahan ini setelah selesainya master plan dan review oleh Kementerian.

Baca Juga: HUT Sulawesi Selatan ke-352 Tahun, Berikut Makna Logonya!

Proyek perluasan bandara ini rencananya akan dimasukan ke dalam salah satu usulan Proyek Strategis Nasional (PSN). Perluasan ini dengan penambahan runway dari 1.950 meter akan menjadi 2.400 meter.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan bahwa prosesnya sejauh ini masih terkait rencana proses hibah tanah atau lahan dari Pemprov ke Pemerintah Pusat.

“Kita masih proses hibah tanahnya ke Pusat. Lagi pembahasan hibahnya. Harapan kita nanti di sana bisa diperlebar dan pesawat besar bisa mendarat di sana,” katanya, Jumat (15/20/2021).

Andi Sudirman menambahkan, jika proses koordinasi dengan Kementerian masih terus dilakukan, namun untuk anggaran belum ada nilai estimasi.

“Untuk anggaran belum ada estimasi karena kita masih koordinasi. Tugas kita sementara ini adalah menyerahkan lahan yang akan dipakai perluasan,” tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Darmawan Bintang, mengungkapkan nahwa salah satu tujuan dari perluasan ini yaitu mendukung Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulsel.

“Pengembangan Bandara Selayar itu memang salah satunya untuk tujuannya kepariwisataan. Di mana kita kembangkan, termasuk mendukung KEK. Untuk menunjang itu dan mempercepat pembangunan inftarstuktur,” ungkap Darmawan.

Lanjutnya, bahwa usulan pembangunan ini masuk sebagai bagian dari PSN, sehingga menjadi bagian dari tanggung jawab Pemerintah Pusat dengan asumsi mengurangi beban daerah untuk pembangunan infrastruktur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah, menyebutkan bahwa perluasan yang diusulkan masuk kedalam PSN ini jika disetujui akan menambah jumlah PSN yang sudah ada di Sulsel sebelumnya, yakni Makassar New Port dan Kereta Api.