Pendidikan Anak Usia Dini Makin Berkembang di Barru

  • Whatsapp

RAKYAT NEWS, BARRU – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Barru makin berkembang selama beberapa tahun terakhir. Indikatornya adalah jumlah sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang terus bertambah di hampir semua kecamatan.

Berkembangnya PAUD di Barru menjadi keuntungan tersendiri bagi warga yang memiliki anak. Selain tak perlu lagi jauh-jauh menyekolahkan anaknya, juga putra-putrinya bisa diasa kemampuan dan potensinya sejak dini.

Bacaan Lainnya

Bunda PAUD Barru, Hasnah Syam mengatakan, pendidikan anak usia dini harus terus ditingkatkan, baik sarana atau fasilitasnya, maupun kualitas tenaga pendidik di masing-masing PAUD dan TK.

“Dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan, sangat diperlukan kemampuan untuk mewujudkan pertumbuhan, perubahan, pembaharuan dan kelangsungannya secara simultan serta terus menerus,” kata Hasnah Syam saat menghadiri peresmian TK Al Mukhtar di Desa Bojo, Mallusetasi, Kamis (12/03/2020).

Bukan hanya itu, sebut Anggota DPR RI ini, para pengelola atau tenaga pendidik harus bijak menyikapi kritik dan keluhan masyarakat terkait mutu pendidikan. Olehnya itu, sangat penting dijawab dengan memberikan penyelenggara dan pengelolaan pendidikan yang berkualitas.

Di depan Kepala Dinas Pendidikan Barru, Andi Adnan Azis dan pihak yayasan, serta pengurus PAUD Barru, Hasnah tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Ketua Yayasan Al Mukhtar, Sukma Mukhtar yang dinilai telah membantu pemerintah meningkatkan pendidikan anak usia dini.

Kabid PAUD Barru, Arkil Hafid menambahkan, khusus TK Al Mukhtar yang bangunannya berdampingan dengan Posyandu bisa dijadikan sekolah PAUD percontohan holistik integratif.

“Para ahli merekomendasikan perlunya untuk melakukan pengembangan terhadap anak usia dini secara holistik dan terintegrasi sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 (2013) yang mengamanatkan agar pengembangan anak usia dini hendaknya dilakukan secara holistik integratif. Dimana layanan pendidikan dan kesehatan dan ibu hamil saling berkaitan,” tambah Arkil Hafid.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Barru, Andi Adnan Azis menjelaskan, PAUD merupakan pendidikan fundamental. Mengingat anak-anak belajar pendidikan karakter untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya. Ditambah lagi, memberikan semangat dan harapan baru dalam mendidik anak-anak. (*)

Pos terkait