JAKARTA – Mantan atlet bulutangkis dunia, Taufik Hidayat memberikan kritikan pedas atas keberhasilan Indonesia yang berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 (2021) tetapi tidak diiringi dengan pengibaran bendera merah putih.

Baca Juga: Juara Thomas Cup 2020, Perjuangan Indonesia Berlanjut di Denmark Open 2021

Sebelumnya, diketahui jika tim bulutangkis putra Indonesia mampu mengakhiri puasa gelar Piala Thomas selama 19 tahun. Kepastian itu diterima setelah Anthony Ginting dan kawan-kawan menang 3-dari atas China pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021).

Sayangnya, Indonesia yang berhasil menjadi juara ajang Piala Thomas 2020 tersebut tidak dapat diiringi dengan berkibarnya bendera merah putih.

Hal demikian akibat buntut dari sanksi yang diberikan oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA) tanggal 7 oktober 2021 lalu, yang menyatakan jika Indonesia tidak patuh dan taat dalam menerapkan program uji doping kepada atlet-atletnya.

Bentuk pelarangan pengibaran bendera negara merupakan salah satu sanksi karena mengabaikan program dari WADA tersebut. Selain dari dilarangnya Indonesia menjadi tuan rumah ajang kejuaran regional, kontinental atau dunia.

Namun demikian, lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap boleh dikumandangkan dalam perayaan Indonesia di Thomas Cup 2020 kali ini.

Hasilnya, pada seremoni penyerahan trofi Thomas Cup 2020 (2021) tanpa pengibaran bendera merah putih. Ketika para pemain dan tim pelatih menerima medali dan trofi, bendera PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang muncul di layar besar.

Mantan atlet bulutangkis peraih olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat, mengungkapkan jika dirinya menyayangkan hal tersebut. Selain itu, Ia juga mempertanyakan kerja pemerintah, Menpora Zainuddin AMali, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Selamat piala thomas cup kembali ke INDONESIA.. Terima kasih atas kerja kerasnya team Bulutangkis Indonesia..tapi ada yg aneh bendera merah putih gak ada? diganti dengan bendera PBSI,”. tulis taufik dalam akun Instagramnya.