DONGGALA – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kembali di Sulawesi. Kali ini webinar diadakan di Donggala, Sulawesi Selatan dengan pembahasan tema “Cerdas dan Aman Manfaatkan Lokapasar” (18/10). Rangkaian Program Literasi Digital diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Empat orang narasumber tampil dalam seminar ini, yaitu dosen teknik ICT Universitas Balikpapan, Anwar Fattah; dosen dan praktisi Teknologi Informasi sekaligus Kepala Unit ICT Universitas Dipa Makassar, Erfan Hasmin; pengajar, Irfan Sophan Himawan, serta narablog, Ayi Prima. Diskusi tersebut dimoderatori oleh Richard Lioe. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta. Pada program ini dihadiri oleh 416 peserta dari berbagai kalangan.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Tampil berikutnya adalah Anwar Fattah sebagai pembuka sesi materi dengan paparan bertema “Marketplace: Aksesibilitas, Jenis dan Fitur.” Anwar menuturkan, tren belanja daring di dunia sangat tinggi, mencapai 24,74 juta orang. Transaksi belanja daring di 2016 bahkan menyentuh angka Rp75 triliun. Rata-rata setiap orang berbelanja daring Rp3.000.000/tahun. Antusiasme itu terkait karakteristik lokapasar yang memiliki sisi positif bagi konsumen dan penjual, misalnya tidak terbatas ruang dan waktu. “Adapun salah satu tips bagi penjual adalah memahami perilaku konsumen,” katanya.

Sesi dilanjutkan oleh Ayi Prima dengan presentasi bertajuk “Peran E-Market dalam Mendukung Produk Lokal”. Ia mengatakan, masyarakat perlu melangkah untuk beralih ke lokapasar yang menawarkan banyak kemudahan, seperti biaya operasional kecil, jangkauan lebih luas, serta modal yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan berdagang secara tradisional. Salah satu tips memasarkan produk lokal di lokapasar adalah membuat deskripsi serta foto produk yang bagus dan menarik. “Penjual juga bisa berpromosi lewat fitur iklan dan media sosial,” ujarnya.