BULUKUMBA – Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan trophy Proklim (Program Kampung Iklim) kategori utama tahun 2021, merupakan penghargaan ketiga yang berhasil diraih. Penyerahan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya secara virtual dihadiri oleh Wakil Bupati A Edy Manaf di Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga : Wabup Bantaeng Bersama Forkopimda Ikuti Peringatan HUT ke-352 Sulsel

Trophy ini diraih oleh Dusun Bangkeng Buki, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang setelah sebelumnya oleh Dusun Parukku Desa Bululohe, Kecamatan Rilau Ale tahun 2016, dan Desa Salassae, Kecamatan Bulukumba 2017 bahkan pada 2019 menerima trophy Proklim Kategori Lestari.

Selain trophy Proklim Utama, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga menerima penghargaan sebagai Pembina Proklim 2014 yang ke-4 kalinya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), A Syamsul Mulhayat mengatakan, beberapa indikator pertimbangan menjadikan Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan Pembina Proklim yang meliputi perencanaan RPJMD dan RKDP setiap tahunnya.

“Pemerintah Kabupaten Bulukumba berhasil mendapatkan penghargaan pembina Proklim melalui beberapa indikator pertimbangan diantaranya, kegiatan Proklim telah dimasukkan dalam dokumen perencanaa, baik di RPJMD maupun pada RKPD setiap tahunnya,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam melaksanakan Proklim melakukan kerja kolaboratif bersama OPD lainnya.

“Bukan hanya DLHK yang bekerja, namun OPD seperti Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan juga terlibat mendukung Proklim di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

Contoh yang disampaikan misalnya, Dinas Ketahanan Pangan selama ini mendorong masyarakat untuk menanam sayuran dan obat-obat herbal di pekarangan rumah, sehingga masyarakat mampu mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Ia juga menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melakukan penguatan kebijakan berupa regulasi yang terkait pelaksanaan Proklim.