MAKASSAR – Politeknik Bosowa (POLIBOS) sebagai salah satu unit pendidikan vokasi, terus berusaha mewujudkan SDM yang berkualitas dan berkompeten di dunia industri. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai dukungan yang diberikan secara maksimal kepada mahasiswa seperti memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua anak didiknya.

Baca Juga: Rektor Unibos Kukuhkan 594 Wisudawan

Sebagaimana diketahui POLIBOS merupakan perguruan tinggi bidang vokasi yang menerapkan perkuliahan 70% praktik dan 30% teori.

Selama pandemi terakhir proses perkuliahan dilaksanakan secara offline khususnya kegiatan praktik dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti mahasiswa harus sudah mengikuti vaksin, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Praktikum Elektro Pneumatik merupakan salah satu kegiatan praktikum yang dilakukan secara tatap muka oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika.

Elektro Pneumatik merupakan bidang ilmu dari proses mekanik yang menggunakan udara bertekanan untuk mencekam, menggeser, mengatur arah dan posisi suatu sistem mekanik atau komponen mesin industri.

Mahasiswa POLIBOS, Andi Saif Ahmad salah satu peserta praktikum memaparkan praktikum Elektro pneumatik yang diikutinya merupakan praktikum yang berkaitan dengan aliran dan mekanika menggunakan udara bertekanan melalui suatu sistem saluran dengan menggunakan perangkat perangkat seperti kompressor sebagai sumber udara bertekan, tubing, valve, silinder dan perangkat lainya.

“Prinsip kerja dari Elektro Pneumatik menggunakan hukum-hukum aeromekanika, dengan menentukan kondisi keseimbangan gas dan uap (khusus udra atmosfir) yang dipengaruhi gaya luar dari bidang ilmu aerostatika dan teori aliran dari bidang ilmu aerodinamika. Elektro Pneumatik dalam implementasinya memanfaatkan teknik udara bertekanan yang memindahkan suatu gaya atau gerakan, tuturnya, Selasa (19/10/21).

Lebih lanjut Saif menjelaskan, teknologi pneumatik banyak dipergunakan di industri otomotive, kimia, petrokimia, farmasi, percetakan,makanan, water process, dan kemasan.