Bulukumba – Layanan promosi wisata Desa Bira Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan yaitu wisatabira.com, resmi diluncurkan.

Layanan tersebut merupakan persembahan salah seorang anggota tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB), Dr Ira Adriati yang telah sukses melalukan riset di Bira Bulukumba Sulawesi Selatan.

Baca Juga: PLN Tambah Pasokan Listrik ke PT HNI Sebesar 90 MVA

Peluncuran web wisatabira.com itu dilakukan langsung oleh Dr Ira Adriati (tim riset LPPM ITB) bersama dengan Kepala Desa Bira, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Murlawa yang ditandai klik tombol, Senin (18/10/2021) di Kantor Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Peluncuran itu turut disaksikan jajaran SKPD dan Forkopimda Kabupaten Bulukumba, seperti Dinas PMD Kabupaten Bulukumba, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba, Diskominfo, Kapolres Bulukumba AKBP. Suryono Ridho Murtedjo, S.IK, M.Si, Dandim 1411 Bulukumba Letkol CZI. Dendi Rahmat Subekti.S.IP, pejabat Kecamatan Bontobahari, Kapolsek, Kodim, KUA, BPD Bira, dan sejumlah lembaga dan tokoh masyarakat.

Bahkan di tengah lokasi acara juga tampak rombongan mahasiswa KKN dari UIN Makassar yang saat ini sedang melaksanakan KKN di Desa Bira Kabupaten Bulukumba.

Wisatabira.com merupakan persembahan dari tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung yang telah sukses melakukan riset wisata dan budaya Bira.

Selain meluncurkan web wisata Bira, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB tersebut juga sukses menulis dua buku terkait Bira berjudul Wisata Bira dan Budaya Bahari Bira.

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung, Dr Ira Adriati Winarno, mengatakan jika dirinya sudah berkunjung ke Bira sudah yang keempat kalinya.

Ia juga mengaku menginjakkan kaki di Bira sejak tahun 2016 setelah mendapat tugas untuk melakukan riset dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dengan meriset Pinisi.