BANGGAI – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 19 Oktober 2021 di Banggai, Sulawesi Tengah. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Pelayanan Toko Online Optimal Pelanggan Loyal”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber, yang terdiri dari dosen, Asrul Sani; presenter dan penyiar radio, Metha Margaretha; redaktur eksekutif Ligo.id, Arfan Dalanggo; serta CIO Satu Tampa, Maria Silangen. Adapun sebagai moderator adalah Muh. Ansari. Kegiatan yang kembali diadakan di Banggai ini diikuti oleh 464 peserta dari berbagai kalangan. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 peserta.

Acara dimulai dengan video sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Selanjutnya, Asrul Sani hadir sebagai pemateri pertama dengan tema “Digital Marketing untuk Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19”. Asrul mengatakan, petani muda menjadi salah satu harapan baru pemanfaatan teknologi digital di sektor pertanian. Adapun yang perlu dilakukan, yaitu membuat konten pemasaran, promosi lewat media sosial, laman, dan mendorong SEO/Google Ads. “Tips dan trik pemasaran konten: kenali audiens, tentukan waktu tayang, buat judul yang bikin penasaran, gunakan jasa pembantu viral, gunakan tagar, dan isi konten bermanfaat,” ujarnya.

Berikutnya, Metha Margaretha menyampaikan materi berjudul “Etika Pelayanan dalam Berbisnis Digital”. Sebelum go online, UMKM perlu menentukan model bisnis, menyediakan alternatif pembayaran daring, membangun laman, dan memaksimalkan pemasaran digital. Hal yang tidak boleh dilakukan penjual, yaitu memaksa membeli, banyak omong, mengikuti pembeli saat memilih barang, tidak ramah, meremehkan pembeli, marah ketika pembeli tidak jadi beli. “Tips melayani pelanggan daring agar terus berlangganan: beri sapaan ramah, cepat tanggap, responsif terhadap pertanyaan, beri nilai tambah, dan memanfaatkan media sosial,” jelasnya.