Cegah Penularan COVID-19 di Pedesaan, Tim Relawan Kabaena Buat Bilik Disinfektan Untuk Pelabuhan

  • Whatsapp

Rakyat News, Bombana – Aliansi Pemuda yang tergabung dalam Tim Relawan COVID-19 Pulau Kabaena bekerja sama dengan Puskesmas Kabaena Barat, Pemda Kecamatan kabaena barat dan Polsek Kabaena berinisiatif membuat Bilik Desinfektan untuk di tempatkan di pelabuhan Sikeli, Kec. Kabaena Barat, Kab. Bombana, Sulawesi Tenggara, Minggu (29/03/2020).

Diketahui jumlah ODP dan PDP COVID-19 di seluruh wilayah indonesia tak terkecuali yang berstatus Positif semakin hari semakin meningkat khususnya di wilayah sulawesi tenggara.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Relawan Pulau Kabaena, Khairul Baits mengatakan bahwa perlu adanya penanganan serius menghadapi wabah pandemik COVID-19 agar tidak semakin menyebar ke pelosok-pelosok desa

“Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 masuk ke pelosok desa yang minim peralatan medis, maka kami berinisiatif membuat bilik disinfektan ala kadarnya, Kami berharap hal ini dilakukan pula oleh masyarakat di desa lain terkhusus Pulau Kabaena dimana 3 Kecamatan yang mempunyai pelabuhan apabila tiap kecamatan memasang bilik disinfektan ini bisa menghambat virus Corona yang di bawa masuk dari luar Pulau Kabaena”, jelasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh kepala Puskesmas Kabaena Barat, Daeng Masiar, SKM. Beliau mengatakan sebagai penanggung jawab bidang pelayanan kesehatan ditingkat kecamatan, khususnya kec. kabaena barat sangat mensupport inovasi adik-adik mahasiswa dan teman-teman yang dengan sukarela, dan hati yg ikhlas mau menjadi relawan dalam penanganan pemutusan mata rantai penularan virus corona yg kini sedang melanda negeri kita yg kita cintai ini dan terkhusus di pulau kabaena

Kapolsek Kabaena, IPTU Andi. Muh. Taufan, SH juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya dengan adanya kotak steril tersebut, akan sangat membantu dan mempermudah satgas dalam melaksanakan tugasnya demi memutus rantai penyebaran virus corona ini.

Camat Kabaena Barat, Hj. Muh. Darwis T, S.Ip juga sangat mendukung kegiatan ini. Beliau akan menindak lanjuti terkait pencegahan Covid-19 ini di rapat kecamatan yang bakal dilaksanakan, Senin, 30/03/2020.

Sementara itu perwakilan mahasiswa dalam hal ini diwakili oleh ketua Majelis Penasehat Organisasi (MPO) Himpunan Mahasiswa Kabaena (HMK – Makassar), Dion Permana juga turut memberikan komentarnya terkait dengan adanya kegiatan tersebut.

menurutnya sebisa mungkin setiap elemen masyarakat harus saling melindungi satu sama lain dan melakukan pola hidup sehat serta mengurangi aktifitas luar rumah untuk sementara waktu selama pandemik COVID-19 belum meredah

“Dengan segala keterbatasan bahan baik untuk pembuatan bilik maupun APD, kami dapat membuktikan bahwa tidak sulit untuk memulai sesuatu terlebih demi kemaslahatan orang banyak. Konsepnya sederhana, tetapi tidak mengurangi fungsi dari alat tersebut, kami berharap masyarakat agar tidak keluar rumah dulu untuk sementara waktu terkecuali ada sesuatu yang memang mengharuskan keluar baru keluar sebab,” tegasnya.

diketahui setelah pembuatan, bilik disinfektan langsung di fungsikan kepada penumpang kapal dari wilayah kasipute yg turun di pelabuhan sikeli.

Pos terkait