RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Politeknik Pariwisata Makassar melaksanakan Vaksinasi Tahap 2 Civitas Poltekpar Makassar dan masyarakat sekitar kampus. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis (5/8/2021) di Aula I Wayan Bendhi Poltekpar Makassar.

Kegiatan Vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah mempercepat target vaksinasi, dengan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Selain itu Poltekpar Makassar bekerjasama dengan stakeholder khususnya Asosiasi Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi dan Kota dalam kegiatan sosialisasi CHSE dan melakukan edukasi protokol kesehatan pada destinasi pariwisata.

Kegiatan Vaksinasi Tahap 2 dengan target 500 peserta terdiri dari Civitas Poltekpar Makassar dan masyarakat sekitar kampus.

Pelaksanaan Kegiatan vaksinasi tahap 2 ini dilaksanakan atas Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar dalam program “Makassar Recover”.

Kegiatan pembukaan vaksinasi diawali dengan laporan Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin, dalam laporannya menyampaikan dalam rangka percepatan ekonomi khususnya dalam bidang kepariwisataan.

Poltekpar Makassar telah mengambil langkah bersama Pentahelix dari dunia Industri untuk penerapan CHSE khususnya di hotel dan restoran juga melalui pengabdian kepada masyarakat Civitas Poltekpar Makassar.

Juga melaksanakan Sosialisasi Prokes di destinasi-destinasi khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan sehingga Alhamdulillah dengan pendekatan ini pariwisata kedepannya harus tetap eksis sebagai penghasil devisa tertinggi di Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini kami berharap bahwa dengan vaksin ini kekebalan tubuh dari semua insan-insan pariwisata khususnya di Politeknik Pariwisata Makassar akan cepat pulih dan proses belajar mengajar akan kembali normal untuk melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka.

Selanjutnya laporan dari Ketua BPD PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga melaporkan “PHRI Sulawesi Selatan pertengahan Maret telah melakukan vaksin pertama untuk pekerja hotel restoran kurang lebih 5000 orang dan di awal April dilakukan vaksinasi dosis kedua, ini menjadi sebuah capaian yang berbeda dengan PHRI se-indonesia atau provinsi lain”.

Lanjutnya, ini menjadi sebuah bukti bahwa komitmen kami untuk mewujudkan pariwisata yang lebih bergairah kedepan, kami sebagai garda depan harus siap membentengi diri dari pada vaksinasi.

Semoga apa yang kita lakukan hari ini dan kedepan menjadi sebuah penguatan bahwa seluruh stakeholder pariwisata Sulawesi Selatan benar-benar total untuk melakukan vaksinasi seperti yang dilakukan oleh Poltekpar Makassar hari ini, juga agar kami benar-benar siap menjadi tuan rumah dan menggerakkan ekonomi Indonesia dari sulsel.

Adapun pesan dan harapan dari perwakilan mahasiswa Poltekpar Makassar, yang diwakili oleh Saudari Anna Maria Octaviani menyampaikan : “saya sangat berterima kasih kepada pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kota Makassar karena telah membuat program vaksinasi khususnya di Kampus Politeknik pariwisata Makassar, kami sebagai mahasiswa sangat merindukan suasana perkuliahan tatap muka di kelas seperti dulu, saya berharap semoga dengan adanya kegiatan Kami mahasiswa berharap dapat melaksanakan kegiatan tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku untuk mendukung dan menciptakan sumber daya unggul”.

Baca juga : Kabid Humas Polda Sulsel : Polda Sulsel Terus Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Sulsel

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan arahan “pandemi COVID-19 yang sudah hampir 1,5 tahun lamanya terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia ini harus dipandang sebagai suatu tantangan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa terus berinovasi dan bertransformasi menjadi lebih baik.

“Industri pariwisata terutama hotel dan restoran terbiasa melayani, dan melayani masyarakat di saat pandemi dan tantangan ekonomi juga harus kita lakukan walaupun lebih banyak dari sisi kemanusiaan dan sosial,” kata Sandiaga.

Vaksinasi, lanjut Sandiaga, merupakan salah satu langkah utama dalam menghadapi pandemi COVID-19. Sehingga, ia mendorong agar masyarakat Sulawesi Selatan agar segera melakukan vaksinasi sehingga herd immunity bisa terbentuk.

Sandiaga juga mengingatkan agar masyarakat dan civitas akademika Poltekpar Makassar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin usai menerima vaksinasi.

“Mari kita tebarkan optimisme dan harapan, tetap semangat, tetap jaga kesehatan, dan tetap terapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ungkapnya.

Kegiatan pembukaan ini di lakuakan secara online dan offline selain Menparekraf juga dihadiri oleh Sekretaris Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf, Henky Hotma Parlindungan Manurung, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem dan Direktur serta Ketua PTNP (Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata) di Lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ketua BPD PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga. (**)