MAKASSAR – Fapet (Fakultas Peternakan) Universitas Hasanuddin bagian Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak bersama Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia (AINI) Wilayah Sulsel menyelenggarakan seminar nasional bertema “Inovasi Teknologi Nutrisi dan Pakan untuk Pengembangan Peternakan Rakyat”. Berlangsung pukul 08.30 WITA secara virtual melalui aplikasi zoom meeting serta kanal Youtube, Kamis (22/10/2021).

Baca Juga : Peternak Ayam Produktif Pasca Dapat Bantuan Modal, Ilham Azikin Sarankan Serap Tenaga Kerja

Ketua Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Unhas, Dr. Ir. Rohmiyatul Islamiyati, MP., menyatakan tema dari seminar nasional dapat menciptakan gagasan dan ide-ide penelitian, terutama dari bidang nutrisi untuk meningkatkan produktivitas ternak. Dengan demikian, akan mendukung pencapaian swasembada daging yang sudah lama dicanangkan.

Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si., IPU, ASEAn Eng., selaku Ketua AINI Sulsel menyampaikan, seminar nasional ini telah dicanangkan menjadi kegiatan rutin yang akan bekerja sama dengan berbagai universitas lainnya. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi para dosen dan mahasiswa terutama pada publikasi ilmiah.

“Kita sangat apresiasi semangat para peserta, apalagi sebagian besar adalah mahasiswa S1 yang akan mempresentasikan hasil penelitian yang dilakukan untuk penyusunan skripsi, sehingga dengan harapan dapat terpublikasi dengan baik,” jelas Prof. Jasmal.

Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim. M.Sc., IPU. ASEAN Eng., menyampaikan ungkapan terima kasih dan ucapan selamat kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada bidang penelitian nutrisi untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam pengembangan peternakan rakyat.

Keynote speaker, drh. Agus Sunanto, MP., membahas kebijakan nutrisi dan teknologi di Indonesia menjelaskan, kebijakan pakan di Indonesia telah fokus pada Food Security yakni, dalam hal menjamin ketersediaan pakan unggas dan pakan ruminansia dan Food Safety yaitu peningkatan jaminan mutu serta keamanan pakan yang diproduksi.