DPRD Makassar

Cari Peluang dan Berani Memulai Bisnis di Lokapasar

SOPPENG – Sebanyak 751 peserta mendaftarkan dirinya untuk mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 21 Oktober 2021 di Soppeng, Sulawesi Selatan. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Cerdas dan Aman Manfaatkan Lokapasar”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari dosen, Esa Firmansyah; dosen, Asrul Sani; Load Integrator Linkaja, Yusuf Abid; dan pemengaruh, Rana Rayendra. Adapun sebagai moderator adalah Debi Glen. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Adapun yang tampil berikutnya adalah Esa Firmansyah sebagai pemateri pertama dengan presentasi bertema “Mengenal Marketplace: Aksesibilitas, Jenis dan Fitur”. Menurut dia, lokapasar memudahkan konsumen, produsen serta pemilik kecakapan digital untuk melakukan transaksi daring. “Transaksi tidak dibatasi atau 24 jam dan tidak perlu keluar rumah, sehingga lebih aman,” kata anggota Ikatan Ahli Informatika Indonesia tersebut.

Beranjak ke pembicara kedua, Rana Rayendra menyampaikan materi “Peran dan Fungsi E-Market Dalam Mendukung Produk Lokal”. CEO Bicara Project ini mengungkapkan, media sosial adalah aset dan riwayat hidup digital, sehingga harus dioptimalkan. Media sosial juga menjadi sarana bagi produk dan personal untuk membentuk branding yang baik.

Pemateri ketiga, Asrul Sani, memaparkan tentang “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”. Dia menyarankan untuk mempelajari hal-hal baru agar bisa beradaptasi dengan situasi terkini. Selain itu, cari peluang bisnis era digital dengan kemampuan yang dimiliki.