Pemdes Pongkeru Terapkan Pemeriksaan Ketat Dan Buka Tutup Akses Bagi Warga Dari Luar Daerah

  • Whatsapp

Rakyat.news, Luwu Timur || Pemerintah Desa Pongkeru memperketat penjagaan terhadap warga yang akan melintas dan masuk ke desanya. hal ini terlihat dengan adanya portal yang terpasang dan posko penanggulangan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di akses masuk Desa Pongkeru, Jum’at (03/04/2020) Sore .

Warga yang akan masuk terlebih dahulu di wajibkan mengisi buku registrasi daftar kunjungan, lalu kemudian di periksa suhu tubuhnya, setelah itu dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dan terakhir mencuci tangan

Aksan SH, Kepala Desa pongkeru menuturkan SOP pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Desa pongkeru dilakukan dengan cara pemeriksaan setiap warga yang akan masuk dan berkunjung ke Desa Pongkeru.

“Kami memberlakukan shift terhadap relawan anti covid-19 yang berjaga di posko yang terpasang di pertigaan depan SMP 1 Desa Pongkeru. Jika ada warga yang hendak masuk, baik itu yang hanya datang sesaat atau mau menginap wajib untuk isi buku daftar tamu, kemudian dilakukan penyemprotan terhadap kendaraannya dan mencuci tangan,” kata Aksan .

Setiap Warga Yang Berasal Dari Luar Daerah Akan Dilakukan Pengecekan Suhu Tubuh Di Posko Penanggulangan Covid-19 Desa Pongkeru.

Sementara itu, Tim Medis yang juga merupakan Bidan di Desa Pongkeru, Herlina A.Md.Keb, menjelaskan bahwa jika tamu yang masuk berasal dari luar daerahnya akan dilakukan pemantauan selama 14 hari dan tidak dibolehkan untuk tinggalkan tempat .

“Kalau tamu yang datang dari luar daerah,Tim bersama petugas kesehatan akan melakukan pemantauan terhadap warga tersebut selama 14 hari dan dianjurkan untuk tetap berdiam diri di rumah sesuai SOP tim medis yang bertugas di desa pongkeru,” jelasnya.

Sebelumnya, telah dilakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga yang ada di Desa Pongkeru, hal ini dilakukan atas bentuk pencegahan terhadap penyebaran virus Corona di wilayah pemerintahan desa, sehingga berbagai upaya dilakukan termasuk penyemprotan cairan disinfektan .

Kepala Desa Pongkeru juga menambahkan jika portal yang di pasang bukan sebuah larangan untuk masuk ke desanya, melainkan sebagai upaya untuk mengantisipasi serta mengidentifikasi penyebaran terhadap virus Corona atau Covid-19 bagi warga yang datang dari luar daerah, tutup Aksan. (A.T)

Pos terkait