MEDAN – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, menyatakan siap menghadapi setiap bencana yang terjadi di negeri ini. Hal tersebut disampaikan JK usai melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Sumut periode 2021-2025 di Aula Tengku Rizal Nurdin,Rujab Gubernur Sumut, senin (25/10/2021).

“Soal bencana, kita tidak punya target. Artinya kita siap untuk menangani semua bencana yang ada di negeri ini.,” tegas JK dihadapan wartawan di Sumatera Utara.

Baca Juga: Jusuf Kalla Kecam Aksi Pembakaran Mimbar Masjid Raya Makassar

JK mengaku bersyukur jika bencana berkurang. Tapi selama ada bencana, maka PMI siap turun membantu. “Bencana apapun itu, PMI akan selalu siap membantu,” tambahnya.

Kesiapsiagaan anggota PMI dijelaskan dengan menyebut sekertariat organisasi PMI sebagai markas. Menurut JK, hanya tiga organisasi yang kantornya tidak disebut kantor, tapi markas. Disebut kantor karena memiliki jam kerja dari Jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Sedangkan di TNI, kepolisian serta PMI terbuka terus hingga 24 jam.

“Bisa saja bencana datang malam-malam atau ada yang butuh darah setiap saat. Makanya kita juga harus siap setiap saat demi mengatasi masalah dan membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan,” ujar Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 tersebut.

Kesiapsiagaan PMI, kata JK, juga terus menerus diperlihatkan dalam menghadapi kesulitan pandemi Covid-19 yang sudah berjalan dua tahun. PMI saat ini tak pernah putus-putusnya untuk membantu masyarakat. Mulai berupaya agar mengurangi jumlah, mengkampanyekan, membagikan alat seperti handsinitizer, hingga turun langsung membersihkan dengan disinfektan. Tak heran jika saat ini, PMI bukan hanya bersiap menyediakan darah selama 24 jam, tapi juga kesiapan dalam bekerja mengatasi bencana yang juga 24 jam.