JAKARTA – Chef Degan Septoadji membagikan tips menjalankan bisnis di sektor kuliner pada Senin, (25/10).

Menurutnya, yang pertama untuk menjalankan bisnis kuliner adalah cita rasa dan tekstur makanan harus konsisten.

Baca Juga : Kajian Food Loss and Waste, Upaya Indonesia Kelola Sampah Makanan

“Kalau kita sudah siap jual ke pelanggan, produk kita harus selalu konsisten. Cita rasa yang harus selalu sama enaknya dan tekstur yang selalu sama bagusnya,” kata Chef Degan dalam acara virtual.

Kedua dan ketiga adalah penyajian yang menarik serta kebersihan dan sanitasi untuk menjaga agar makanan yang dijual selalu aman dikonsumsi.

Selain itu, kemasan menarik dan aman karena makanan yang sehat dan segar pasti disuka oleh konsumen.

“Semoga tetap hangat juga. Jadi saat konsume makan, paling tidak mendekati seperti saat kita baru selesai masak,” ujar Chef Degan.

Kelima, pastikan bahan yang berkualitas dalam setiap produk makanan.

Bagi anda yang baru akan memulai bisnis kuliner, sebaiknya memahami pasar sehingga makanan yang akan dijual dapat disukai oleh masyarakat luas.

“Jadi lebih baik sesuatu yang sudah dikenal, sesimpel seperti nasi goreng. Kalau nasi gorengnya enak, unik, dan harganya sesuai, pasti laku kalau standarnya selalu konsisten,” tutur Chef Degan.

Baca Juga : Kurangi Buang Sampah ke TPA, Hungry punya Langkah Sederhana

Ia juga menyarankan betapa penting meminta pendapat kepada orang lain tentang makanan yang kita buat.

“Kalau yang dirumah kan udah biasa dengan masakan kita, tapi belum tentu diterima orang lain. Kalau kita memasak sesuatu lalu diterima dengan baik oleh orang lain, mereka sudah bilang enak, itu layak dicoba untuk dijual,” ujarnya.