JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan tertinggi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik pada tahun 2021 sebagai badan publik terbaik kategori Kementerian dengan klasifikasi informatif. Mendapat nilai 99,29, Kementan menjadi kementerian dengan nilai tertinggi dalam anugerah yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP). Rabu, (27/10).

Baca Juga : Kementerian ATR/BPN: 732 Pengaduan Kasus Mafia Tanah

Di tempat kedua ada Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan nilai 99,21, kemudian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan nilai 97,76, Kementerian Dalam Negeri dengan nilai 97,68, Kementerian Ketenagakerjaan dengan nilai 97,48, serta Kementerian Keuangan dengan nilai 97,45.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengatakan, dengan nilai yang dicapai merupakan sarana untuk badan publik untuk tetap menjaga pelayanan terhadap masyarakat.

“Hasil penilaian ini menjadi sarana introspeksi semua sarana badan publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya,” katanya.

ia menambahkan, masyarakat dan pemerintah harusnya lebih terbuka terkait infomasi sehingga terjalin kepercayaan diantara keduanya.

“Karena kunci keberhasilan keterbukaan informasi publik adalah kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ini merupakan tanda yang baik dalam hal data dan informasi yang semakin transparan dan semakin terbuka.

“Ini adalah tanda-tanda positif dari bagaimana melakukan sesuatu dari data dan informasi, menghasilkan regulasi dan program yang berjalan dengan sistem yang baik. Lalu terkait dengan kepatuhan SOP ini adalah tanda-tanda satu organisasi yang modern, yaitu makin transparan dan makin terbuka,” katanya.

Bahkan anugerah tertinggi dari KIP selama 2 tahun berturut-turut ini menjadi parameter bagi Kementan dan juga publik agar bekerja tetap dalam jalur on the right track, on the right way.