Makassar – PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan apresiasi bagi karya video vokasi siswa SMK melalui gelaran kompetisi Vocational Video Challenge (VVC) 2021.

Baca Juga: Jelang GP Moto3 Misano, Astra Honda Ajak Masyarakat Dukung Mario Aji

Gelaran khusus pelajar SMK yang menerapkan kurikulum Tenik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda ini menghasilkan 4 pemenang kreatif dalam mengemas materi ajar yang mereka pelajari di sekolah selama musim pandemi.

Perwakilan Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) yaitu Ahmad Taufik Kurniawan dari SMK Tri Tunggal 45 Makassar berhasil mendapat juara 3 pada kontes ini.

Kegiatan yang didedikasikan khusus untuk siswa vokasi di masa pandemi ini mendapat sambutan luar biasa dari peserta kontes. Hal ini tercermin dari banyaknya karya yang mengikuti kegiatan ini yaitu sebanyak 704 video kreatif dari seluruh Indonesia.

Seluruh video diseleksi secara bertahap yang berlangsung pada periode 1 – 30 September 2021 untuk seleksi di tingkat regional. Sebanyak 40 video berhasil lolos untuk masuk ke tahap seleksi tingkat nasional pada 12 – 15 Oktober 2021. Dari seluruh video yang diseleksi, AHM memberikan apresiasi bagi 3 video terbaik dan 1 video terfavorit pilihan masyarakat.

Video kreativitas para peserta dinilai berdasarkan originalitas video, kualitas video, kesesuaian konten video dengan tema yang dipilih dan juga nilai dari sisi cara menyampaikan materi. Selain itu, penilaian juga dilihat dari sisi penerapan keselamatan kerja dan pengunaan alat dan bahan sesuai peraturan yang berlaku.

Dari seluruh rangkaian penjurian, AHM memberikan apresiasi kepada video karya Ropi Ramdani dari SMK Tri Mitra Karawang, Jawa Barat sebagai video terbaik pada gelaran VVC 2021 dengan materi video Penggantian V-Belt dan Roler. Video berdurasi 9 menit 46 detik ini menghadirkan video edukasi menarik dengan memberikan gambaran detail-detail praktik yang mudah dipahami para siswa dalam praktik di sekolah.