GOWA – Pemerintah Gowa kembali menyiapkan vaksin jenis terbaru bermerek Pfizer setelah berulang kali sukses menggelar kegiatan vaksinasi massal di Kelurahan Romang Polong, Kabupaten Gowa, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga : Demi Melindungi Sesama, Lurah Tamarunang Gelar Vaksinasi Massal

Kepala Puskesmas Samata, Drg. Rahmawati Djalil mengatakan, vaksin pfizer tersedia sebanyak 100 dosis dan sinovac 300 dosis.
“Penyediaan kuota untuk vaksin Jenis pfizer itu disediakan 100 dosis dan sinovac 300 dosis. Untuk vaksin jenis pfizer kali ini disediakan khusus untuk vaksin dosis pertama, sedangkan sinovac khusus untuk vaksin dosis kedua,” ucapnya.

Ia juga sedikit memaparkan terkait kelebihan vaksin jenis pfizer dibanding vaksin sebelumnya.

“Pfizer ini memiliki kemiripan dalam segi efek samping dengan jenis vaksin lainnya. Namun, Pfizer memiliki kelebihan dibandingkan yang lain dalam waspada alergi dari bahan vaksin. Pokoknya ini lebih bagus dari jenis vaksin sebelumnya, jadi jangan takut,” lanjutnya.

Vaksinasi pfizer jenis pertama membutuhkan jeda selama 21 hari untuk mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Untuk diketahui, vaksin jenis pfizer ini berlaku selama 21 hari untuk mendapatkan vaksin dosis kedua, dan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama pfizer dilaksanakan hari ini di dua tempat yaitu di Kelurahan Romang Polong dan Kelurahan Paccinongan,” ungkapnya.

Andi Mappatunru selaku Lurah Romang polong mengatakan akan terus melaksanakan vaksinasi hingga mencapai herd immunity.

“Kami akan terus melaksanakan vaksinasi massal guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Sebagaimana ini adalah arahan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, yang di teruskan ke tiap – tiap kelurahan dan salah satunya di Kantor Lurah Romang Polong ini,” katanya.

Harapannya, penyelenggaraan vaksinasi kali ini dapat dimanfaatkan masyarakat guna mendukung pemberantasan virus pandemi covid-19.