JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, pemuda harus kreatif dan mampu memaknai ikrar Sumpah Pemuda untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Baca Juga : Unjuk Rasa Pemuda Minta Evaluasi Kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf

“Kalau dulu kita maknai dan amalkan ikrar Sumpah Pemuda secara tekstual saja, sekarang harus mampu disesuaikan dengan kondisi zaman. Maka saya tekankan, jadilah pemuda yang kreatif dan inovatif, kesampingkan sikap individualitas, senantiasa memupuk semangat nasionalisme serta menjunjung tinggi rasa cinta Tanah Air,” ucapnya secara tertulis, Jakarta, Kamis (28/10/2021).

Kaum muda dengan total tercatat pada BPS sebanyak 145,5 juta jiwa, harus segera mempersiapkan diri sebaik mungkin menuju Indonesia Emas 2045.

“Jika ditotal, jumlah kaum muda berusia maksimal 39 tahun sudah mencapai 53,81 persen dari total penduduk Indonesia, atau sekitar 145,5 juta jiwa. Mereka ini adalah tulang punggung, mau tidak mau harus menyiapkan diri sebaik mungkin, pastikan memiliki kemampuan mumpuni, keahlian yang cakap. Karena kalau tidak, ya tentu saja sulit mewujudkan Indonesia Emas,” ujarnya.

Ia menegaskan, negara membutuhkan pemuda yang semangat, kreatif dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama.

“Anak muda harus kreatif. Semakin orang egois, semakin cuma dapat di situ saja. Tapi dengan mengutamakan kepentingan bersama, nantinya untuk kepentingan pribadi juga akan datang dengan sendirinya,” tegasnya.