Tingkatkan Derajat Kesehatan, Aplikasi eSaskia Sasar 13 Puskesmas di Bantaeng

  • Bagikan
Tingkatkan Derajat Kesehatan, Aplikasi eSaskia Sasar 13 Puskesmas di Bantaeng
Bupati Bantaeng saat peresmian peningkatan status Puskesmas Sinoa menjadi Rawat inap

MAKASSAR – Disela sela acara peresmian peningkatan status Puskesmas Sinoa menjadi Rawat inap, Inovator Bendera Saskia dan pihak Balang Institut sebagai konsultan memperkenalkan aplikasi eSASKIA kepada Bupati Bantaeng, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bayi Balita, UNICEF Dukung Review Implementasi MTBS

Aplikasi ini adalah sebagai komitmen dalam keberlanjutan inovasi Bendera Saskia sesuai dengan amanah peraturan Bupati Bantaeng No.34/2021 tentang replikasi Bendera Saskia di seluruh puskesmas di kabupaten Bantaeng.

Inovator Bendera Saskia H. Iwan Setiawan menjelaskan bahwa Aplikasi eSaskia akan lebih memudahkan bagi petugas kesehatan maupun pemangku kepentingan lainnya, dalam memantau status kesehatan ibu hamil, bayi dan balita.

“Dalam fitur fitur aplikasi ini akan menampilkan identitas lengkap yang berbasis lokasi beserta jenis bendera yang terpasang di depan rumahnya.,” Ujarnya.

Lebih lanjut Iwan memaparkan bahwa di fitur lainnya akan terlihat status kesehatan dari ibu hamil, bayi dan balita, kemudian akan ada komunikasi efektif dan timbal balik antara petugas kesehatan dengan sasarannya.

“Untuk tahap uji coba aplikasi ini sementara hanya di wilayah puskesmas Sinoa. Sambil menyempurnakan fitur fiturnya dan tidak tertutup kemungkinan untuk di terapkan di seluruh kabupaten Bantaeng,” Katanya.

Dijelaskan Direktur Balang Institut Adam Kurniawan sebagai konsultan dan melaporkan kepada Bupati Bantaeng, bahwa proses pembuatan aplikasi ini sudah mencapai 80%. Dan akan terus dikembangkan sampai fitur fitur yang dinginkan oleh pengguna bisa di akomodir kedalam eSASKIA.

“Proses pembuatan aplikasi ini sudah mencapai 80%. Dan akan terus dikembangkan sampai fitur fitur yang dinginkan oleh pengguna bisa di akomodir kedalam eSaskia,” Jelasnya.

Sementara itu Bupati Bantaeng Dr.H. Ilhamsyah Azikin menyambut dan mengapresiasi aplikasi ini yang akan meningkatkan derajat kesehatan Ibu hamil, bayi, balita terutama bagaimana menjaga 1000 hari pertama. Kehidupan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

“Saya berpesan untuk melengkapi fitur fitur yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan saat ini, termasuk dimasa pandemi,” pesannya..

DPRD Makassar
  • Bagikan

Makassar Recover

Makassar Recover