JAKARTA – Setelah sempat menghilang selama satu hari, aplikasi Samsat Digital Nasional atau Signal dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali tersedia di playstore.

Baca Juga : Samsat Gowa Berikan Bantuan ke Lansia dan Warga Kurang Mampu

Saat aplikasi samsat menghilang di playstore, Korlantas Polri segera melakukan koordinasi dengan Google yang melakukan off sementara terhadap aplikasi tersebut.

“Alhamdulillah pada hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Signal yang menghilang sudah kembali,” kata Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Choiruddin, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Google memberi alasan aplikasi samsat perlu dilakukan verifikasi karena hanya dalam tempo empat bulan sudah diunduh lebih dari 140 ribu orang, sementara aplikasi tersebut terhubung dengan instansi pemerintah, yakni Polri, Bapenda, dan Dukcapil.

“Secara lisan sudah kami jelaskan bahwa memang aplikasi Signal dibangun Polri dengan bekerja sama atau menggandeng pihak swasta untuk mendukung programnya,” katanya.

Dalam upaya mengembalikan aplikasi Samsat kedalam playstore, Korlantas Polri telah menyurat pada rabu (27/10) untuk memberi penjelasan secara resmi dan meminta untuk segera dapat ditayangkan kembali.

“Alhamdulillah, pagi ini kami cek di playstore, aplikasi Signal sudah kembali tayang dan dapat diunduh oleh masyarakat,” ujar Taslim.

SAMSAT DIGITAL NASIONAL

Samsat Digital Nasional adalah Aplikasi yang dirancang dan dibangun Korlantas Polri untuk memudahkan pelayanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan SWDKLJ dengan slogan ‘Dapat Dilakukan di mana saja, Kapan saja, ‘One Stop Service’.

Saat ini sudah bisa digunakan di 28 provinsi dengan pengecualian masih dalam proses, yakni Kaltim, NTT, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Aplikasi Signal merupakan sistem kecerdasan buatan (“artificial inteligent”) dengan menghubungkan data dan informasi dari berbagai subsistem yang bisa didownload di playstore.

Baca Juga : POLRI Luncurkan Aplikasi SINAR, Walikota Danny Sebut Sebagai Prestasi Luar Biasa