KOLAKA TIMUR – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 28 Oktober 2021 di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema saat ini adalah “Cerdas dan Aman Manfaatkan Lokapasar”.

Empat orang narasumber tampil dalam seminar kali ini. Masing-masing yakni, Certified Financial Planner dan narablog finansial, Ruisa Khoiriyah; CEO @soalpalu Mohammad Fachry; dosen IAIN Kendari, Ahmad Ridha; serta pegiat investasi dan Marketing Online Specialist, Pricilya Nelwan. Sedangkan moderator yaitu Vivi Zabkie. Kegiatan kali ini diikuti oleh 638 peserta dari berbagai kalangan. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Berikutnya, tampil Ruisa Khoiriyah sebagai pemateri pertama yang menyampaikan tema “Mengenal Marketplace: Jenis, Fitur, dan Aksesibilitas”. Menurut dia, marketplace atau lokapasar merupakan platform yang menjadi perantara penjual dengan pembeli di internet, atau ibarat mal daring. Sehingga, platform ini punya keunggulan dalam hal kepraktisan dan jangkauan yang luas dibandingkan toko konvensional. Jenis-jenisnya, meliputi lokapasar murni seperti Shopee dan Tokopedia, dan lokapasar konsinyasi semisal Zalora dan Hijup. “Sebanyak 90% pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja di lokapasar serta merupakan yang terbesar ketiga di dunia,” ujarnya.

Selanjutnya, Mohammad Fachry menyampaikan paparan berjudul “Peran dan Fungsi E-Market dalam Mendukung Produk Lokal”. Ia mengatakan, seluruh produk lokal berpeluang untuk di jual di e-pasar atau e-market selama tidak melanggar aturan hukum maupun ketentuan yang diberlakukan pengelola. Kiat agar bisa berhasil di bisnis daring, antara lain mempersiapkan foto yang menarik, manfaatkan media sosial, beriklan di Google Ads atau di lokapasar agar mudah dalam pencarian konsumen, serta responsif menjawab pertanyaan konsumen. “Pastikan kualitas produk selalu terjaga agar konsumen bisa terus repeat order,” imbuh dia.