JAKARTA – Delegasi Aceh mengikuti pameran internasional Expo 2020 Dubai menghadirkan produk unggulan.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Gelar Legal Expo

Delegasi Pemerintah Aceh di Paviliun Indonesia melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menjadi penanggung jawab pameran yang berlangsung pada 29 Oktober sampai 4 November.

Aceh dengan sejumlah produk unggulannya ke Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab akan berlangsung hingga tahun depan.

“Delegasi Pemerintah Aceh menampilkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Aceh yang berorientasi ekspor,” kata Ketua Tim Roling Exhibition, Dyah Erti Idawati, dalam keterangan pers, Minggu.

Aceh sendiri menghadirkan produk dekorasi rumah, aksesoris, tas motif aceh, fesyen, kopi arabika dan robusta, minyak atsiri dan rempah-rempah seperti cengkih, lada, cokelat, dan pala yang menjadi unggulan dari 14 industri kecil menengah lokal.

Pameran Internasional Expo 2020 Dubai diharapkan bisa membuka peluang pasar industri kecil menengah (IKM) asal Aceh ke banyak negara dan membuka potensi kerja sama baru dalam bidang perdagangan, bisnis, dan industri halal.

Dyah mengatakan, peluang pasar dari acara tersebut bukan hanya di Uni Emirat Arab saja, melainkan juga negara lain di kawasan Timur Tengah, bahkan Afrika Utara, Eropa, dan wilayah lainnya.

Berdasarkan catatan Dinas Perindustian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, realisasi ekspor Aceh ke Uni Emirat Arab pada 2020 lalu sebesar 215.198 dolar Amerika Serikat, sementara realisasi Aceh ke negara Timur sebesar 15.355.611 dolar AS.

Baca Juga : Pertamina SMEXPO 2021-GBBI Kaltim Hadirkan Ribuan Produk UMKM