BULUKUMBA – Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bulukumba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK).

Bimtek yang berlangsung secara hybrid selama 5 hari ini diikuti oleh para penyedia dan pengguna jasa konstruksi dengan jumlah peserta 50 orang.

Baca Juga : Wabub Bantaeng Buka Bimtek Tenaga Teknis E-Voting Pilkades Serentak Tahun 2021

Panitia Pelaksana, Arifah menyebutkan, tujuan pelaksanaan bimtek dalam rangka menjalankan amanat Undang-undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, serta memberikan pengakuan atas kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja konstruksi.

“Adapun instruktur berasal dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dan BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba,” ungkap Arifah pada pembukaan Bimtek SMKK yang digelar di RM Sulawesi Bulukumba, Senin 1 November 2021.

Sementara itu, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Ismail Abdul Muttalib menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk bermitra menyelenggarakan Bimtek SMKK ini. Pihaknya, kata Ismail memiliki banyak menu dalam meningkatkan kapasitas jasa konstruksi yang dapat diselenggarakan ke depan, misalnya bimbingan teknis jalan dan jembatan, serta pengairan. Termasuk bagi para penyedia dapat dibantu dalam memahami dan menguasai dokumen-dokumen pengadaan.

Dalam menghasilkan suatu produk konstruksi berkualitas ada proses dimana keselamatan konstruksi yang harus dijaga. Olehnya itu pemerintah senantiasa melakukan perbaikan dan pembaruan untuk menyempurnakan system atau regulasi dalam jasa konstruksi.

Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bulukumba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK).
Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bulukumba menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK).

“SMKK ini ruang lingkupnya bertambah banyak karena sudah diintegrasikan lagi dengan mutu dan keselamatan lingkungan,” terangnya.