POSO – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, kali ini dilaksanakan secara virtual di Poso, Sulawesi Tengah pada 26 Oktober 2021. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Jangan Asal Komentar, Kikis Ujaran Kebencian”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari dosen Universitas Telkom dan Japelidi, Clara Novita Anggraini; Edupreneur dan Social Media Enthusiast, Gunawan Primasatya; jurnalis, Finda Morina Muhtar; serta dosen UIN Alauddin, Nasrum. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Linda Setiawati. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta. Pada program kali ini diikuti oleh 649 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. Beranjak ke sesi materi, Clara sebagai narasumber pertama hadir membawakan materi kecakapan digital bertema “Digital Literacy Skill”. Menurut dia, penguasaan keterampilan literasi digital mencakup aspek teknologi dan informasi digital yang mendukung kemampuan kita dalam mengakses serta menganalisis informasi. “Jadikan media digital sebagai sarana untuk meraih kesuksesan dan kebermanfaatan bagi diri pribadi maupun masyarakat umum,” tuturnya.

Berikutnya, Gunawan menyampaikan materi etika digital berjudul “Etis Bermedia Sosial”. Ia mengatakan, kebebasan berekspresi di internet harus dibarengi tanggung jawab akan dampak yang mungkin timbul dari aktivitas digital kita. “Hindari ujaran kebencian, perundungan siber, dan penyalahgunaan internet agar tak merugikan diri sendiri dan orang lain,” paparnya.