SELAYAR – Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh Basli Ali, melantik dan mengambil sumpah janji Ketua dan Anggota Badan Pengawas (BP) Perusahaan Daerah (PD) Berdikari, Periode Tahun 2021-2026, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Abdul Wahab Sebagai Penjabat Sekda Bantaeng

Basli Ali dalam arahannya mengatakan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam menjalankan usahanya dibebankan pada tiga misi yakni sebagai pelayan publik, sumber pendapatan daerah (PAD), serta sebagai agen pendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Begitupun dengan PD. Berdikari yang merupakan salah satu BUMD Kepulauan Selayar.

Namun kondisi saat ini, PD.Berdikari belum banyak berperan dalam mendukung PAD dan perekonomian daerah.

“Kontribusi PD.Berdikari dalam menghasilkan PAD masih sangat minim,” ucap Basli.

Berharap dengan dilantiknya Saiful Arif sebagai ketua dan beberapa Anggota Badan Pengawas yang baru, kedepannya akan meningkatkan peran serta PD.Berdikari dalam mendukung penguatan perekonomian daerah.

“Sangat diharapkan setelah pelantikan ini, kedepannya akan meningkatkan peran serta PD.Berdikari dalam mendukung perekonomian daerah,” harapnya.

Tugas ini memang tidak mudah, mengingat BUMD saat ini, terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi baik internal sekaitan dengan manajemen perusahaan ataupun masalah eksternal terkait tingkat persaingan tinggi dan perubahan lingkungan akibat Pandemi Covid-19.

Ketua Badan Pengawas PD.Berdikari yang baru dilantik, Saiful Arif, saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih atas amanah tersebut dan menyatakan siap melaksanakan fungsi serta tugasnya sebagaimana yang diamanatkan pada dirinya.

“Langkah yang akan kami dilakukan adalah membangun manajemen internal tujuannya agar terjadi kekompakan secara internal, selanjutnya melakukan pengawasan selain itu berusahan memberikan masukan,” jelasnya.

Menurutnya PD.Berdikari harus membangun bisnis dan berkinerja dengan BUM Desa sehingga PD.Berdikari menjalankan fungsi untuk memberi pelayanan sekaligus menjadi sumber PAD.