MAKASSAR – Politeknik Bosowa (Polibos) melakukan perkuliahan tatap muka khususnya kelas praktikum simulasi CNC yang menjadi prioritas untuk memperkuat potensi mahasiswa, .

Paktikum Computer Numerically Controlled  (CNC) ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin serta Teknik Mekatronika.

Baca Juga : Politeknik Bosowa Gelar Pembelajaran Praktikum Tatap Muka

Dosen pengajar, Muh. Fachrul, S.ST memaparkan, pada Praktikum CNC kali ini mahasiswa terlebih dahulu dikenalkan perangkat lunak NSIT CNC Simulator yang dapat digunakan untuk merancang dan melakukan uji coba proses CNC.

“Program Simulasi biasanya digunakan dalam proses pembelajaran, alat bantu berupa perangkat lunak komputer dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Selain itu program simulasi memungkinkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar,” paparnya Rabu (03/11).

Kuliah Tatap Muka, Polibos Lakukan Praktikum Simulasi CNC

Ia, lanjutnya, pembelajaran dalam hal teknologi pemrosesan numerik merupakan hasil implementasi berupa kode CNC, debugging, penambahan penulisan dalam suatu kode program, dan simulasi gerakan pemotongan alat potong tidak hanya dapat membantu pengajar dalam mengajar secara efektif tetapi juga meningkatkan kemampuan teknis mahasiswa.

“Proses dimulai dari mendesain sampai menghasilkan benda kerja dapat dilakukan menggunakan software simulasi CNC yang tepat, baik software yang berdiri sendiri untuk keseluruhan proses maupun kombinasi berbagai software sehingga proses permesinan CNC dapat dilakukan menggunakan perangkat komputer,” pungkasnya.

Diketahui secara umum cara kerja mesin perkakas CNC tidak berbeda dengan mesin perkakas konvensional.

Kuliah Tatap Muka, Polibos Lakukan Praktikum Simulasi CNC

Fungsi CNC lebih banyak menggantikan pekerjaan operator dalam mesin perkakas konvensional, seperti pekerjaan setting tool atau mengatur gerakan pahat sampai pada posisi siap memotong, gerakan pemotongan.