Makassar – Yayasan Hadji Kalla bersama dengan BPPAUD (Balai Pelatihan PAUD) Makassar baru saja sukses menggelar pelatihan dengan tema “Pendampingan PAUD Terakreditasi dan Mandiri”.

Baca juga : Bunda Paud Kabupaten Wajo Berguru PAUD HI di Takalar 

Kegiatan ini diberikan untuk 13 Sekolah PAUD di Kota Makassar yang belum terakreditasi. Peserta yang ikut dalam program ini adalah Kepala Sekolah dan para guru dari masing-masing PAUD.

Pelatihan dilaksanakan di aula kerja Gedung BPPAUD Sulawesi Selatan, Jl. Adiyaksa No.2, Panakkukang, Kota Makassar, 2-3 November 2021. Kegiatan pelatihan ini diikuti 23 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru.

Laporan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa jumlah Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kota Makassar terus meningkat setiap tahunnya. Namun tidak diiringi dengan proses akreditasi yang merata di setiap wilayah.

Dampak dari belum terakreditasinya belasan hingga puluhan sekolah PAUD ini, akan berdampak besar baik untuk peserta didik maupun tenaga pendidik.

Di sisi lain, yang masih menjadi fokus utama ketika sekolah PAUD belum mendapatkan akreditas ataupun predikat mandiri.

Sehingga terjadi peningkatan kuantitas peserta didik yang tidak disertai dengan ketersediaan sarana dan pra-sarana sekolah yang baik.

Saat diadakan inspeksi oleh pihak-pihak terkait seperti Dinas Pendidikan, maka sekolah bersangkutan akan kebingungan.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan tentang proses akreditasi sekolah tingkat PAUD hingga mendapatkan status mandiri.

Pada pembukaan program ini, turut hadir Muh. Ridwan, S.Ag., M.M., Ketua BAN PAUD dan PNF Sulsel, Dr. Dra. Hj. Herlina Hasan, M.Pd., Sekretaris BAN PAUD dan PNF Sulsel dan Ir. Andryani Akib, M.Pd. dari Komisi SIMA BAN PAUD dan PNF Sulsel, di mana ketiganya merupakan pemateri dalam pelatihan yang akan digelar dalam dua hari kedepan.