JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam mencopot tujuh perwira menengah yang bertugas di sejumlah wilayah, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga : Puan: Peserta CPNS ‘Cheating’ Jangan Sampai Lolos

“Perombakan ini bukan akhir, melainkan langkah awal pembenahan internal Polri agar terus menjadi harapan dan tumpuan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” katanya.

Menurutnya, ini dilakukan agar tidak ada lagi warga masyarakat terdiskriminasi dari oknum-oknum polisi yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Polisi harus mengayomi masyarakat, bukan meresahkan masyarakat. Sebaliknya, masyarakat juga diharapkan terus aktif bersuara jika ada dugaan penyalahgunaan wewenang oleh oknum polisi,” ujar Puan.

Puan meyakini, konsep Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan) yang diusung Kapolri bisa kembali berjalan dengan baik demi menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

“Banyak anggota polisi yang bekerja dengan baik, tetapi kinerjanya tidak kelihatan karena yang viral adalah segelintir yang buruk. Saya harap konsep Presisi ini akan berjalan efektif setelah mengevaluasi dan memperbaiki segelimtir oknum yang buruk tersebut,” tuturnya.