MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengeluarkan surat tentang himbauan gerakan salat berjamaah dan literasi Al-Qur’an bagi ASN beragama Islam di lingkup Pemprov Sulsel. Edaran dengan nomor 451/10533/B.KESRA itu diteken oleh Andi Sudirman pada 29 Oktober 2021.

Baca Juga: Plt Ketua PKK Sulsel Hadiri Pencanangan Kembali Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Ada dua poin imbauan dalam edaran itu. Disebutkan, bahwa edaran tersebut dalam rangka mendukung program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk pembinaan mental spiritual dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala di tengah pandemi Covid-19.

Surat Edaran Plt Gubernur Sulsel
Plt Gubernur Sulsel Keluarkan Edaran Bagi ASN Beragama Islam, Baca Al-Qur’an Sebelum Bekerja Hingga Salat Tepat Waktu

Poin pertama, dikatakan “menghimbau kepada seluruh ASN yang beragama Islam lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membaca Al-Qur’an minimal 2 halaman per hari sebelum memulai pekerjaan.” Pada imbauan berikutnya, dikatakan, “menghentikan seluruh kegiatan saat ‘Adzan Berkumandang’ dan segera melaksanakan salat fardhu secara berjamaah di Masjid/Musallah terdekat (dalam rangka tertib waktu jeda kantor).”

Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “edaran ini diperuntukkan bagi ASN beragama Islam di lingkup Pemprov Sulsel. Dengan edaran ini, sebagai bentuk pembinaan mental spiritual dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi ASN kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” tuturnya, Senin (8/11/2021).

Dirinya pun berharap, hal ini bisa menjadi kebiasaan bagi ASN sehingga selain bekerja tetap menjalankan amanahnya sebagai umat beragama Islam.

Baca Juga: Capai 40,84%, Plt Gubernur : Alhamdulillah, 2,8 Juta Warga Sulsel Sudah Vaksinasi

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menyambut baik surat edaran tersebut. Hal itu disampaikan Sekretaris Umum MUI Sulsel, KH Muammar Bakry di Makassar. Menurutnya, kebijakan Plt Gubernur Sulsel adalah upaya menumbuhkan tradisi dan budaya islami di lingkup Pemprov Sulsel. Selain itu, kata Muammar, langkah tersebut bisa semakin mendekatkan umat muslim dengan kitab suci Al-Qur’an.