MAKASSAR – Sembilan Elemen Jurnalisme adalah poin-poin penting dan mendasar yang perlu diketahui bahkan ditanamkan dalam diri oleh seorang jurnalis sebelum memulai kerja-kerja jurnalistik.

Baca Juga : Masyarakat Antusias Ikuti Pelatihan Citizen Journalism Rakyat Institute

Sembilan poin mendasar yang kadang disebut sebagai dasar-dasar jurnalisme ini merupakan karya dari Bill Kovach dan Tom Rosenstiel yang berjudul The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect.

Keduanya adalah wartawan dari Amerika Serikat yang berpengalaman dalam dunia jurnalistik. Bahkan, seorang Goenawan Mohamad, redaktur pendiri majalah tempo merasa sulit “mencari kesalahan” kovach.

Baik Kovach maupun Rosenstiel, keduanya sama-sama merumuskan sembilan elemen jurnalisme sebagai kesimpulan dari proses diskusi dan wawancara yang melibatkan 1.200 wartawan selama tiga tahun.

Berikut sembilan elemen jurnalisme?

1. Kebenaran

Bill Kovach dan Tom Rosenstiel menempatkan kebenaran sebagai elemen pertama yang mesti diketahui bagi siapa saja yang ingin bergelut dalam dunia jurnalistik.

Kebenaran yang diberitakan terbentuk dari lapisan demi lapisan. Orang membutuhkan informasi lalu lintas agar bisa mengambil rute lancar, informasi harga, ramalan cuaca, hasil pertandingan bola, kebijakan, dsb.

2. Mitra, Pembaca, Masyarakat

Seorang wartawan atau jurnalis bekerja untuk siapa? Kovach dan Rosenstiel menempatkan hal tersebut sebagai elemen kedua, yakni menyeimbangkan antara mitra perusahaan, pembaca, dan bekerja untuk masyarakat.

Kedua penulis termotivasi dengan adanya kepercayaan publik terhadap media atau wartawan dan manajemen perusahaan sehingga pertanyaan bekerja untuk siapa menjadi penting.

3. Verifikasi

Penulis buku The Element of Journalism menaruh verifikasi sebagai esensi dari jurnalisme.

Disiplin dalam pengecekan atau verifikasi informasi akan membuat seorang jurnalis atau wartawan mampu memilah gosip, desas desus, manipulasi, opini dan fakta.