RAKYAT.NEWS, Luwu Utara – 2.450 jiwa masyarakat Kecamatan Seko, di enam desa kini menikmati layanan air bersih setelah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meresmikan enam program Pamsimas aspirasi anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi.

Enam Pamsimas yang diresmikan diantaranya Pokmas Sangka-sangka Desa Padang Raya, Pokmas Pasali Desa Padang Balua, Pokmas Matanino Desa Taloto, Pokmas Takkea Desa Embonatana, Pokmas Bersinar Desa Tanamakaleang, dan Pokmas Marantena Desa Marante.

Dari enam desa itu total penerima manfaat dari program tersebut sebanyak 2.450 jiwa. Sebelum meresmikan, Indah terlebih dahulu berbagi tips untuk mastikan air dari aman dan layak untuk dikonsumsi, dengan cara memastikan air tersebut jernih tidak berwarna, tidak bau dan tidak berasa saat dikonsumsi.

“Ada tiga kriteria atau cara untuk mengetahui air layak dan aman untuk dikonsumsi, pertama pastikan air tersebut tidak berwarna, kedua pastikan airnya tidak berbau, dan ke tiga tidak berasa maksudnya saat dikonsumsi air tersebut tidak asin, asem dan lainya,” kata Indah, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis, 26 Januari 2023.

Istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi itu menambahkan, Pamsimas tersebut adalah salah satu upaya pemda Luwu Utara dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih dan layak untuk dikonsumsi untuk masyarakat hingga ke wilayah terpencil.

“Masih banyak salah paham kenapa daerah terpencil atau pegunungan tetap membutuhkan PAMSIMAS. Padahal di pegunungan banyak sumber airnya. Daerah pegunungan memang sumber airnya banyak, akan tetapi tidak semua air itu layak untuk di konsumsi,” tegas Indah.

“Maka dari itu komitmen pemda Luwu Utara untuk menghadirkan layanan air bersih untuk seluruh masyarakat. Saya minta ini dijaga dan dimanfaatkan dengan baik,” lanjutnya.